blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melantik empat pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II di Pitris Ocean View Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Selasa 31/1.(Foto:SB/Dinas Kominfo Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melantik empat pejabat tinggi pratama eselon II di obyek wisata Pitris Ocean View, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Selasa (31/1) .
Empat pejabat eselon II yang dilantik terdiri atas Sukamto sebagai kepala Dinas Komunikasi dan Infprmatika (Kominfo), Budhi Suwanto sebagai Kepala Dinas Tenega Kerja, sebelummya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo. Sedangkan Sukamto sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bupati.

Selanjutnya Amin Rahmanurasjid dilantik sebagai Kepala Inspektorat, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepaa Dinas TenagaKkerja (Disnaker). Frans Haidar dilantik sebagai Asisten II Sekda, Bidang Perkonomian, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM.

Bupati menyatakan, pelantikan kali ini sengaja dilaksanakan di Pitris Ocean View bertepatan dengan acara Mubeng Kebumen, agar para pejabat yang dilantik bisa melihat langsung kondisi masyarakat Kebumen, dan memiliki program yang tepat untuk penyelesaiannya.

“Mereka dilantik di tengah-tengah masyarakat. Jadi biar melihat langsung apa yang menjadi aspirasi masyarakat, apa yang dikeluhkan masyarakat. Memang biasanya kita adakan di Pendopo, tapi kali ini kita lantik berbarengan dengan acara Mubeng Kebumen,”ujar Arif Sugiyanto.

Bupati menyatakan, sebagai leader para kepala dinas memiliki tanggung jawab yang besar untuk merealisasikan program-program pemerintahan. Seperti Dinasker, mempunya tugas bagaimana bisa mengurangi angka pengangguran di Kebumen, dengan membuka sebanyak mungkin tenaga kerja lokal.

“Termasuk bagaimana bisa melakukan kerjasama dengan investor, memperbanyak investasi, membuka pelatihan kerja. Alhamdulillah tahun ini di Kebumen akan dibangun pabrik sarung tangan dari Korea di Gombong dengan menyerap ribuan tenaga kerja, harus ditindaklanjuti,”terang Buapti.

Demikian pula pejabat lain, Inspektorat bagaimana bisa menciptakan pemerintahan bersih dengan melakukan pemeriksaan intensif dan berkala untuk semua pengguna anggaran, baik dinas sampai kepala desa, termasuk BUMD. Hal ini sesuai dengan misi Bupati yang pertama.

“Tahun ini sudah dimulai dilakukan pemeriksaan dari OPD sampai desa, puskesmas dan sekolah. Tujuannya apa? Agar program bisa terlaksana dengan baik, tidak ada penyelewengan. Inspektur ini harus bisa menciptakan pemerintahan yang clean and clear,”jelasnya.

Begitu juga Kominfo, Bupati menyatakan, perlu ada inovasi dalam mempublikasikan program-program pemerintah. Tidak terjebak pada kegiatan yang bersifat formalitas. “Saya harap nanti ada terobosan yang baru, buat komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat menjadi lebih menarik,”tandasnya.

Kepada para pejabat yang dilantik, Bupati menyampaikan selamat. Ia berharap target program kerja bisa tercapai dengan baik. Khususnya untuk program kerja yang telah dicanangkan pada tahun ini.

Komper Wardopo