blank
KH. Ahmad Marzuqi SE

Oleh : Basuki, S.Pd., M.Pd.

Membangun karakter siswa-siswi menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas para pelajar SMP Negeri 1 Nalumsari yang merupakan sebuah sekolah di pingiran wilayah Kabupaten Jepara.

Sebab dengan dasar karakter yang baik diharapkan anak-anak motivasi belajar dengan sungguh-sungguh serta mengedepankan budi pekerti luhur. Itu pula yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Nalumsari saat memasuki usia yang ke – 25 dan memperingati ulang tahun peraknya.

blank
Kepala SMPN 1 Nalumsari Jepara, Basuki S.Pd, M.Pd

Dalam upaya sekolah untuk meningkatkan memperkuat pendidikan karakter serta untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa, maka dalam event hari ulang tahun sekolah ke – 25 diadakan berbagai macam kegiatan.
Pelaksanaan peringatan HUT ke 25 kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Tema peringatan kali ini adalah tradisional religius. Ini diwujudkan melalui kegiatan permainan tradisional yang dahulu biasa dilakukan oleh anak- anak di pedesaan yang sekarang mulai ditinggalkan
Harapannya, anak-anak tidak kemudian hanya memegang gadget, tetapi juga ingat pada budaya tradisi. Ini juga cara untuk mengembangkan aktivitas dan relasi sosial serta kebersamaan siswa. Adapun kegiatannya antara lain berupa lomba egrang dan lomba teklek.

blank
Para guru SMPN 1 Nalumsari

Pelaksanaan kegiatan lomba selama 2 hari yaitu tanggal 26 – 27 Januari dan pengajian dilaksanakan pada tanggal 28 Januari . Selama 2 hari seluruh siswa larut dalam kegembiraan dengan permainan tradisional. Siswa yang tidak ikut lomba menjadi suporter dan bersorak sorai dan berteput tangan tanda kegirangan dalam menyemangati rekan rekannya.

Disamping itu para guru juga senantiasa membimbing para siswa dengan literasi digital, agar anak-anak mengetahui cara memanfaatkan teknologi informasi dengan benar untuk masa depan mereka. Sulit memang, tetapi para guru dengan tekun mencoba memberikan pemahaman. Harapannya orang tgua juga melakukan hal yang sama melalui keteladanan.

Sementara untuk memberikan bekal spiritual dan religius, sekolah menghadirkan mantan Bupati Jepara KH.Ahmad Marzuqi, SE dalam pengajian umum. Acara yang ditandai pula dengan pemotongan tumpeng tersebut dihadiri pula Kabid PTK Disdikpora, para pengawas, pembina. komite sekolah, alumni dam dewan guru serta seluruh serta seluruh siswa SMPN 1 Nalumsari

blank
Lomba permainan tradisional agar anak tetrap cinta budaya bangsa

Dalam tausiyahnya KH Ahmad Marzuqi berpesan agar siswa siswi supaya ilmunya berkah dan manfaat maka harus menghormati para guru dan orang tua. Jangan sampai kalian tergerus oleh kemajuan teknologi hingga tidak ada lagi rata hormat dan sopan santun kepada gurudan orang tua,” pinta KH Ahmad Marzuqi

Disamping itu ia juga menguraikan tentang hikmah sholat 5 waktu berjamaah. “Jangan sekali-kali melupakan kewajiban sholat. Apalagi dengan alasan yang dibuat-buat. Sebab sholat lima waktu adalah kewajiban umat Islam,” terangnya. Sholat secara teratur dan tepat waktu juga menjadi pembelajaran disiplin yang efektif sebab akan menjadi kebiasaan disemua aktifitas.

Makin Eksis

Sekolah SMPN 1 Nalumsari ini memang semakin eksis dan layak diperhitungkan keberadaannya di kawasan selatan Jepara. Dengan modal dasar fisik yang memadai dan sarana prasarana yang mulai lengkap serta SDM yang mumpuni dan memiliki kompetensi sekolah ini siap bersaing dan mengantarkan siswa siswinya menjadi pribadi tangguh dan berakhlaqul Karimah.

Kesiapan sekolah dalam persaingan dalam dunia pendidikan ditandai dengan semakin tingginya animo masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya ke SMPN 1 Nalumsari dan jumlah siswa semakin hari makin bertambah. Tentu ini tidak muncul tiba-tiba, tetapi berkat kesungguhan seganap tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang yang mengabdi tanpa kenal lelah.

Dirgahayu SMPN 1 Nalumsari. Semoga Semakin maju dan sukses serta sehat dan penuh keberkahan bagi seluruh warganya
Penulis adalah Kepala SMPN 1 Nalumsari dan Pakar Pendidikan serta Pengamat Sosial di Jawa Tengah