blank
Dataran tinggi Dieng kembali diguncang gempa bumi dangkal. Foto : SB/dok BMKG

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Gempa bumi kembali mengguncang kawasan dataran tinggi Dieng di wilayah Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (29/1/2023) pukul 21.28 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 2,3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.21 LS; 109.89 BT, tepatnya di darat pada jarak 17 kilometer arah barat laut Wonosobo dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Hery Susanto Wibowo mengatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Batur Banjarnegara Il MMI.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” kata Hery melalui keterangan tertulis yang dikutip, Senin (30/1/2023).

Menurut Hery, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Gempa dengan magnitudo 2,6 juga kembali dilaporkan Senin pukul 04.10 dengan lokasi 7.27 LS, 109.95 BT, tepatnya 11 kilometer timur laut Wonosobo dengan kedalaman 6 kilometer.

Muharno Zarka