blank
WBP Lapas Terbuka Kendal mengikuti penyuluhan dan baca Alquran. Foto: Dok/Lapas Kendal

KENDAL (SUARABARU.ID) – Dua orang penyuluh Agama Islam dari Kementerian Agama Kabupaten Kendal memberikan penyuluhan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al Hadi Kawasan Pembinaan Lapas Produktif Kendal ini sebagai bentuk pembinaan kepribadian yang bertujuan meningkatkan ketakwaan dan memperbaiki akhlak.

Diharapkan WBP tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum lagi.

Nur Kholiq, salah satu penyuluh mengatakan, kegiatan pembinaan kepribadian setiap pekannya diisi dengan materi yang berbeda-beda. Di pekan ini, penyuluh menyampaikan tentang dasar-dasar membaca Alquran seperti pengenalan huruf hijaiyah, harokat, cara menyambung huruf dalam satu kalimat, dan lainnya.

“Diawal tahun saya berniat mengulang kembali materi tentang membaca Alquran. Hal ini dilakukan untuk penyegaran ingatan warga binaan terkait ilmu dasar membaca Alquran,” kata Nur Kholiq, Sabtu (28/1/2023).

Hadir mendampingi kegiatan pembinaan kepribadian, Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan, Dicky Yudha. Dicky menyampaikan bahwa Lapas Terbuka Kendal telah menerima tambahan beberapa WBP baru yang membutuhkan ilmu dasar dalam membaca Alquran.

“Materi dan momennya pas, karena Lapas Terbuka Kendal telah kedatangan santri baru dari Lapas Pati, sehingga penyampaian ilmu dasar dalam membaca Alquran sangat bermanfaat bagi warga binaan baru,” ujar Dicky.

Dalam kegiatan juga dihadiri mahasiswa UIN Walisongo yang sedang menjalani praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) disekitar Lapas yang juga membantu kegiatan pembinaan kepribadian.

Salah satu warga binaan, SF menyampaikan, pembinaan kepribadian yang diikutinya sangat bermanfaat.

Dirinya mengakui masih memerlukan pendampingan dalam membaca Alquran, sehingga ia sangat terbantu dengan materi yang disampaikan dalam kegiatan pembinaan ini.

Ning Suparningsih