blank
Kalapas Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji saat melakukan penandatanganan komitmen bersama dan pakta integritas, pencanangan pembangunanan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji bersama jajaran melakukan penandatanganan komitmen bersama dan pakta integritas pencanangan pembangunanan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kegiatan yang berlangsung di aula Merdeka, Lapas Semarang ini merupakan kegiatan tahunan, untuk menunjukkan komitmen Lapas Semarang dalam pemberian layanan kepada narapidana maupun kepada masyarakat.

“Ini dilakukan untuk mewujudkan Lapas Semarang menuju wilayah bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata Tri Saptono, Kamis (26/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut Kalapas menyatakan siap untuk meraih predikat WBK, dengan ditandatanganinya pakta integritas dan komitmen bersama.

“Ini merupakan komitmen kita bersama. Saya minta kepada para pegawai yang telah menandatangani komitmen agar serius. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ajak Kalapas.

Menurutnya, penandatanganan ini sebagai tanda keseriusan Lapas Semarang untuk tetap memberikan program dan pelayanan publik yang semakin baik dan gratis, atau sama sekali tidak memungut biaya apapun terhadap pelayanan narapidana dan masyarakat.

“Kita berharap seluruh pegawai melaksanakan komitmennya untuk mewujudkan Lapas Semarang yang berintegritas dan bebas dari Korupsi,” tukasnya.

Untuk mewujudkannya, tambah Kalapas, dibutuhkan stake holder, pelayanan yang memuaskan, sarana prasarana yang memadai, serta bebas dari korupsi yang harus diwujudkan. Sehingga meningkatkan nilai kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan di Lapas Semarang.

Ning Suparningsih