blank
Proses persalinan seorang ibu di Wonosobo dalam mobil Patroli Polisi Polsek Kertek. Foto : SB/Humas Polsek Kertek

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Seorang ibu muda asal Kalikuto Candimulyo Kertek Wonosobo bernama Iyah (39) melahirkan bayinya di dalam mobil Dinas Patroli Polsek Kertek di halaman depan Puskesmas 2 Reco Kertek, Rabu (25/1/2023), sekitar jam 09.30 WIB pagi tadi.

Proses kelahiran yang terbilang cukup dramatis itu, dibantu tiga bidan Puskesmas 2 Reco Kertek yakni Riyanti, Ika Desi Harnindita, Uswatun Hasanah dan dijaga ketat dua anggota Polsek Kertek,
Aiptu Sutiana serta Aipda Setya Dwi Nugraha, SH.

Penjagaan ketat proses kelahiran di dalam mobil Patroli Polisi itu, dilakukan agar proses kelahiran tidak menjadi tontonan warga yang kebetulan tengah melintas di sekitar lokasi. Apalagi kala itu di sekitar Puskesmas 2 Reco Kertek suasana cukup ramai.

Kenapa sampai ada ibu muda melahirkan bayi di mobil Patroli Polisi. Inilah kisahnya? Kapolsek Kertek AKP Vico Edy Bey SH menceritakan, saat itu
Kepala SPKT Aiptu Sutiana dan anggota Aipda Setya Dwi Nugraha, SH pada pukul 09.00 Wib meninggalkan Mapolsek untuk melaksanakan patroli rutin.

“Patroli harian itu, dilaksanakan dengan sasaran komplek pertokoan, perbankkan dan rest area Candiyasan. Kala berada di rest area Candiyasan aparat kepolisian menyambangi salah satu pengunjung rest area yang sedang mendinginkan rem cakram mobilnya,” katanya.

Tiba-tiba, kisahnya, saat itu, terdengar teriakan seorang perempuan salah satu penjual di lokasi rest area yang mengabarkan ada seorang perempuan yang akan melahirkan bayi. Petugas kepolisian pun segera merapatkan mobil ke lokasi perempuan yang tengah memegangi perut dan laki-laki yang mendampinginya.

Tanpa menunggu lama, laki-laki yang diketahui bernama Mustakim yang merupakan suami si perempuan, membopong istrinya yang Bernama Iyah ke dalam mobil patroli dibantu Aiptu Sutiana.

Proses Lancar

blank
Seorang bayi yang dilahirkan dalam proses persalinan di mobil Patroli Polisi Polsek Kertek Polres Wonosobo. Foto : SB/dok Humas Polsek Kertek

Begitu sudah masuk mobil Aipda Setiana mengantar perempuan yang mau melahirkan itu ke Puskesmas 2 Reco Kertek. Mustakim menyampaikan air ketuban istri sudah keluar, bahkan mendekati Puskesmas sudah ada tanda-tanda kepala kelihatan dan bayi akan segera lahir.

Sampai di halaman Puskesmas 2 Reco, Aiptu Sutiana bergegas meminta bantuan tenaga medis untuk membantu memindah pasien ke ruang persalinan. Lantaran tidak memungkinkan pasien dipindah, tiga bidan terpaksa membantu proses kelahiran bayi di dalam mobil Patroli Polsek kertek.

“Alhamdulilah proses kelahiran berjalan lancar. Setelah itu bayi dan ibu baru dipindahkan ke ruangan perawatan di Puskesmas 2 Reco. Ibu dan bayi dalam keadaan sehat dan selamat. Bayi lahir dengan bobot 1.850 gram dan panjang badan 46 centi meter,” ujar Vico.

Mustakim menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua petugas yang sudah membantu membawa istrinya ke Puskesmas 2 Reco Kertek. Menurutnya, pagi itu, setelah periksa kehamilan, istri baru bukaan satu dan diajak jalan-jalan di rest area yang terletak di daerah perkebunan teh.

“Saat jalan-jalan itu istrinya merasakan kontraksi mau melahirkan. Kebetulan saya melihat mobil polisi dan petugas yang sedang berbincang dengan pengunjung lain di lokasi rest area. Saya pun mohon bantuan,” akunya.

AKP Eddy Vico Bey, SE menambahkan seorang polisi di lapangan harus siap siaga menghadapi segala macam situasi, termasuk dengan sigap membantu seorang perempuan yang akan melahirkan.

“Polisi tidak melulu menangani kasus kejahatan dan kecelakaan lalu lintas. Tapi bisa juga menolong ibu yang akan melahirkan. Saya doakan semoga ibu dan bayi selalu diberi kesehatan. Jadi anak yang sholeh, berbakti pada orang tua, bermanfaat bagi agama, masyarakat, nusa dan bangsa,” harapnya.

Muharno Zarka