blank
Jagung rebus. Foto: Dok/Pinterest

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah jagung baik untuk diet? Jagung merupakan salah satu makanan tinggi karbohidrat yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan seseorang yang sedang diet.

Jika kamu bosan mengonsumsi salad atau oatmeal sebagai menu diet, maka tidak ada salahnya untuk mencoba jagung.

Menurut dr. Riska Larasati (Alodokter.com), saat melakukan diet, penting untuk memperhatikan mengenai asupan jenis makanan yang dikonsumsi karena dapat mempengaruhi kalori yang masuk.

Bila diet yang dilakukan dengan mengurangi nasi, maka salah satu alternatif penggantinya yang tergolong sehat adalah jagung. Jagung merupakan bahan makanan yang mengandung nutrisi seperti protein, serat, mineral, antioksidan, dan amilosa yang lebih banyak dibanding nasi.

Jagung juga mempunyai manfaat lain, misalnya aman untuk penderita diabetes, karena lebih lama dicerna, memiliki indeks glikemik rendah yang tidak berdampak signifikan terhadap gula darah.

Selain itu, penggunaan jagung cocok untuk diet, karena membuat kita tidak mudah lapar. Dengan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat kenyang lebih lama, kaya akan nutrisi, mencegah anemia dan lainnya. Dan, cara paling sehat untuk memasak jagung yaitu dengan merebusnya.

Ning Suparningsih