blank
Saiful Hadi

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Setelah di-launching mengudara, USM TV menyiapkan program acara yang mendidik masyarakat.

Peresmian TV USM yang dilakukan Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro, Prof.Sudharto P.Hadi,MES.,PhD pada Senin (9/1/2023) juga akan menyuguhkan acara hiburan dan kegiatan di Universitas Semarang.

Pengelola USM TV, Saiful Hadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai acara yang untuk dinikmati masyarakat. Diresmikannya USM TV mendapat respon positif dari sejumlah stakeholder.

”Perkembangannya cukup bagus, banyak kolega baik dari pribadi maupun USM, yang mengajak kerja sama dalam hal siaran terkait dengan pendidikan. Misalkan Sriboga ingin bikin menu apa nanti kerja sama dengan fakultas teknologi pertanian. Kemudian dari yang lain juga bisa termasuk dari klinik, laboratorium dan berbagai pihak sudah menghubungi kami untuk mengajak kerja sama untuk tayang di USM TV,” katanya.

Tidak hanya menampilkan program-program pendidikan, namun berkaitan dengan tayangan yang mengedukasi serta menghibur. USM TV telah menayangkan program acara yaitu Musik Kita, salah satu program hiburan yang berisi musik-musik anak muda karya di Semarang. Kegiatan dialog, kegiatan akademik di USM serta promosi setiap program studi USM turut ikut serta ditampilkan.

Adapun serangkaian rencana yang diambil untuk perkembangan USM TV kedepannya, diantaranya program acara News yang akan siap ditayangkan pada minggu depan atau awal februari. Lalu,berbagai program acara yang telah disiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan seperti Lentera Qalbu, Kunjungan Puasa di Negeri Orang dan lain sebagainya.

”Kami telah menyiapkan program acara untuk ke depan yaitu News yang akan kami tayangkan di minggu depan kalau nggak awal Februari. Lalu nanti juga ada program liputan di Bulan Ramadan yang sudah kami rancang itu ada Lentera Qalbu, Kunjungan Puasa di Negeri Orang yang kebetulan ada kawan di Selandia Baru dan mereka siap berkontribusi,” ungkapnya.

Dia mengatakan, USM TV berencana bekerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk tayangan yang tidak hanya edukasi murni, namun edukasi secara luas seperti salah satunya segi pariwisata.

”Nanti kami juga akan kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan masih progress. Hal ini karena pariwisata di Kota Semarang kan banyak, nah lalu itu nanti akan kami tayangkan terkait tata tertib atau apa saja hal baik yang dilakukan pengunjung wisata, dan lain sebagainya. Jadi ada tayangan pariwisata namun juag disambungkan dengan pendidikan,” ujarnya.

Sumber Daya Manusia (SDM), tim editor, tim redaksi, hingga tim untuk program acara News yang masih kurang menjadi tantangan bagi pengelola USM TV. Menurutnya, kekurangan yang masih tersisa akan dapat dilengkapi secara pelan-pelan dan akan menuju kesempurnaan.

Tim utama pengelola USM TV terdiri atas tiga orang yaitu Saiful Hadi, Kukuh, dan Irfan yang mana ditambah lagi dengan perekrutan beberapa mahasiswa magang dari USM. Tayangan USM TV dimulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB melalui siaran TV Digital. Rencananya USM TV akan berada di lantai 10 Menara USM.

Dia berharap, dengan adanya USM TV dapat mempublikasikan karya dari seluruh civitas akademika USM dan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat luas untuk membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.

”Dengan adanya USM TV, kami berharap dapat mempublikasikan karya-karya dari USM baik dari dosen, mahasiswa, alumni, tenaga pendidikan dan semua civitas akademika. Dengan teknologi tv ini, bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat luas, yang artinya USM punya karya yang memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa. Karena kami fokus di pendidikan, sehingga membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa,” ungkapnya.

Muhaimin