blank
PEDANG PORA - Polres Tegal Kota menggelar Tradisi Pedang Pora. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Polres Tegal Kota menggelar Tradisi Pedang Pora untuk menyambut kedatangan AKBP Jaka Wahyudi SH SIK M.Si sebagai Kapolres yang baru bertempat dihalaman Mapolres setempat, Sabtu (21/1/2023).

Sebelum pelaksanaan tradisi pedang pora, AKBP Jaka Wahyudi beserta isteri tiba di Mapolres Tegal Kota disambut dan dilaksanakan pengalungan bunga oleh Wakapolres Kompol Zaenal Arifin, SIP, MH, dengan didampingi Ibu Bhayangkari serta dilanjutkan dengan tradisi pedang pora.

Setelah melewati tradisi pedang pora, AKBP Jaka Wahyudi disambut oleh para pejabat utama Polres Tegal Kota. Tampak hadir juga para pengurus dan anggota Bhayangkari Cabang Tegal Kota. Usai Wakapolres memperkenalkan para pejabat utamanya, Kapolres yang baru beserta isteri disambut dengan tradisi payung pora.

Dalam tradisi payung pora, Kapolres yang baru disambut oleh pejabat Kapolres yang lama AKBP Rahmad Hidayat, SS dan dilaksanakan kegiatan penyerahan kunci ruang kerja Kapolres secara simbolis dan pengguntingan pita di pintu masuk Mapolres serta dilanjutkan dengan Laporan Satuan dari Kapolres lama kepada yang baru dengan didahului dipertontonkan selayang pandang Polres Tegal Kota.

Setelah laporan kesatuan selesai, kemudian dilaksanakan Apel komando oleh AKBP Rahmad Hidayat dan AKBP Jaka Wahyudi kepada para anggota dihalaman depan Mapolres.

AKBP Rahmad Hidayat menyampaikan, sungguh sebuah kebanggaan bagi saya yang telah melaksanakan tugas sebagai Kapolres Tegal Kota. Karena selama kurang lebih satu tahun enam bulan, banyak pengalaman yang diperoleh di Polres Tegal Kota. “Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan tugas sehingga apa yang menjadi program-program pimpinan Polri bisa dilaksanakan dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres yang baru AKBP Jaka Wahyudi menyampaikan, rasa syukurnya bisa menjadi bagian dari keluarga besar Polres Tegal Kota. “Ke depan saya memohon bantuan, kerja sama dan dukungan dari seluruh rekan-rekan anggota untuk dapat melaksanakan dan melanjutkan program-program yang selama ini sudah berjalan dengan baik sesuai harapan pimpinan Polri dan masyarakat,” ucapnya.

Acara tradisi diakhiri dengan pelepasan AKBP Rahmad Hidayat beserta istri, dengan melintasi gerbang pora sebagai simbol meninggalkan jabatan lama untuk melaksanakan tugas yang baru. Serta dilanjutkan dengan berjabat tangan sebagai ucapan selamat jalan dari pejabat polres dan seluruh anggota yang hadir.

Sutrisno