blank
Acara penyambutan mahasiswa KKN UPGRIS Semarang di Pendapa Kecamatan Tahunan Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Sebanyak 81 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) diterjunkan di enam desa di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

blank
Kegiatan penyambutan Mahasiswa KKN UPGRIS.

Dalam acara penyambutan di Pendapa Kecamatan Tahunan, Rabu (18/1/2023), Camat Tahunan Nuril Abdillah, S.STP, MM, berpesan agar Mahasiswa yang KKN di wilayah Kecamatan Tahunan bisa menggali potensi yang ada di desa dan mengembangkannya.

Acara penyambutan juga dihadiri oleh Kapolsek Tahunan AKP Retno, Pelaksana Danramil Tahunan Seno, Petinggi Tegalsambi, Petinggi Demangan, Carik Mantingan, Carik Teluk Awur, Semat dan Platar.

blank
Camat Tahunan bersama perwakilan UPGRIS Semarang, Kapolsek Tahunan dan Pelaksana Danramil Tahunan.

Hadir juga Dosen pendamping penerjunan Maftukin Hudah, S.Pd., M.Pd. ( Sekretaris KKN Universitas PGRI Semarang ),  Korcam  DPL, Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd. ( Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar) , DPL Prianka Ratri Nastiti, S.E., MM ( Dosen Manajemen) dan Dhea Rizki Amelia, SE., ME ( Dosen Manajemen).

Dalam sambutannya, Camat Tahunan, Nuril Abdillah mengatakan, bahwa setiap desa mempunyai potensi yang berbeda-beda. “Semua ilmu yang diperoleh di bangku kuliah silahkan diaplikasikan dengan melihat kondisi desa masing-masing”, kata Nuril.

“Terkadang teori adakalanya perlu modifikasi disesuiakan dengan konsidi lapangan. Perkuat digitalisasi di era modern saat ini”, lanjutnya.

“Terakhir saya berpesan kepada rekan-rekan mahasiswa agar menjaga nama baik almamater. KKN bukan untuk main-main apalagi dianggap wisata/liburan tapi KKN juga wujud pembelajaran”, pungkas Nuril Abdillah.

Dari 81 mahasiswa yang diterjunkan di enam desa di Kecamatan Tahunan Jepara meliputi  Desa Teluk Awur 16 mahasiswa, Tegalsambi 13 mahasiswa, Platar 14 mahasiswa, Semat 13 mahasiswa, Mantingan 13 mahasiswa, Demangan 12 mahasiswa.

Kegiatan KKN Mahasiswa UPGRIS rencananya akan dilaksanakan pada 17 Januari-17 Februari 2023. Mahasiswa yang diterjunkan terdiri dari beberapa fakultas, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Kesehatan dan Rekreasi (FPIPSKR), Fakultas Teknik Informatika (FTI), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI).

ua