blank
Sebagai Kota Wisata, penyambutan Tahun Baru Imlek 2023 Kongzili 2574 di Solo meriah. Dipasang gapura Imlek yang megah, 5.000 lampion merah-kuning, patung 12 shio serta lampion patung maskot kelinci, barongsai, Dewa Rezeki, Lilin, Jelyhud dll.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tahun Baru Imlek 2023 juga disebut dengan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili. Tahun ini dirayakan sebagai Tahun Kelinci Air atau New Year Chinese Rabbit Water. Berlangsung dari Tanggal 22 Januari 2023 sampai dengan 9 Januari 2024.

Bersamaan penyambutan dan perayaan Tahun Baru Imlek, sering kita dengar penyampaian ucapan Gong Xi Fa Cai. Tapi harap diketahui, Gong XI Fa Cai artinya bukan Selamat Tahun Baru Imlek. Itu berasal dari Bahasa Kanton (Gong Hay Fat Choy). Yang maknanya sebagai doa pengharapan orang Tionghoa: ”Semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah.”

Wartawan Bambang Pur, pernah dua kali melakukan tugas jurnalistik ke Negeri China. Yakni Tahun 1990 ke Beijing dan Guangcu, dan Tahun 2007 ke Naning Provinsi Guangxi.

Sejarah Kalender Imlek diciptakan oleh Huang Di. Yakni salah satu Nabi yang dimuliakan umat Konghucu dan dinobatkan sebagai Bapak Moyang orang Tionghoa. Kalender itu disebut penanggalan Yinli atau Kongzili. Yin dalam Bahasa Hanyu artinya bulan. Yinli/Kongzili adalah penanggalan berdasarkan peredaran Bulan mengelilingi Bumi selama 12 bulan.

Penanggalan Imlek Kongzili diciptakan untuk pedoman bercocok tanam. Juga untuk pedoman bersembahyang bersyukur kepada Tuhan (Huan Tian/Shang Di).

Kongzili 2574

Umat Khonghucu, menyebut Tahun Baru Imlek dengan Tahun Baru Kongzili. Mengapa dalam perhitungannya untuk Tahun 2023 ini dituliskan sebagai Tahun 2574 Kongzili ? Ini erat kaitannya dengan masyarakat Tionghoa dalam menghormati Nabi Kongzi yang menyarankan digunakannya kembali penanggalan Dinasti Xia.

blank
Aneka pernik asesories Imlek ikut dijajakan di jalan komplek Pasar Gede Solo. Menambah suasana meriah penyambutan Imlek 2023 Kongzili 2574 di Kota Solo.(SB/Bambang Pur)

Perhitungan Tahun Kongzili dimulai pada Tahun Kelahiran Nabi, yaitu Tahun 551 Sebelum Masehi (SM). Maka untuk tahun ini, perhitungannya adalah sebagai berikut: 551 + 2023 = 2574.

Menyambut datangnya Tahun Baru Imlek Kongzili 2574, umat Konghucu melakukan serangkaian ritual keagamaan dengan khusyuk. Yakni sembahyang untuk memohon bimbingan, perlindungan dan berkah kepada Huang Tian (Tuhan), agar dapat menghadapi semua tugas dan kewajiban sepanjang tahun dengan baik.

Pertanyaannya sekarang, apakah keliru mengucapkan Gong XI Fa Cai dalam penyambutan Tahun Baru Imlek ? Tentu saja tidak. Karena itu untaian doa bermakna baik: ”Semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah.”

Kepada yang merayakan Imlek, sampaikan ucapan Sin Cun Kiong Hie (selamat menyambut musim semi). Ini erat hubungannya dengan datangnya musim semi di China, sebagai awal mempersiapkan musim tanam. Sampaikan ucapan: Xi Nian Kuai Le (Tahun Baru Bahagia), Xi Nian Hao (semoga jadi tahun baru yang baik).

Di Solo sebagai Kota Wisata, dipasang gapura Imlek megah bersama 5.000 lampion merah-kuning, 12 patung shio. Juga patung lampion maskot kelinci, dewa rezeki, barongsai, jeleyhud, lilin dan lain-lain. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2023 Kongzili 2574.

Bambang Pur