blank
Dalam upaya menjaga Harkamtibmas yang kondusif, Anggota TNI dari Koramil-10 bersama personel Polsek Wuryanyoro, Wonogiri, menggelar patroli malam bersama.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk menjaga agar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kondusif, Anggota TNI di Koramil-10 bersama personel Polsek Wuryantoro, Wonogiri, melakukan patroli malam bersama.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, patroli gabungan digelar untuk mengantisipasi kemunculan tindak kriminal. Juga sebagai kiat Memelihara Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamgibmas) yang terjauhkan dari kemunculan aksi kejahatan.

Anggota Koramil-10/Wuryantoro yang turun dalam patroli gabungan tersebut terdiri atas Serka Ali Imran dan Kopda David. Kemudian dari Polsek Wuryantoro, terdiri atas Brigadir Sutrisno dan Bripda Wahyu.

Sasaran patroli malam meliputi sejumlah lokasi yang menjadi objek vital (Obvit), seperti Kantor Perbankan, gerai ATM, pusat perniagaan dan pompa bensin atau SPBU. Juga melakukan patroli di sejumlah lokasi yang dinilai rawan keamanan.

Meningkat

Patroli kemananan secara gabungan ini, sebagai wujud terjalinnya sinergitas kebersamaan antara TNI-Polri dalam menjaga keamanan wilayah. Yakni untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, serta mengantisipasi munculnya tindak kriminalitas.

Bersamaan dengan dilaksanakannya patroli gabungan tersebut, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya. Utamanya siaga dalam mewujudkan Kamtibmas di lingkungan masing-masing, termasuk menggalakkan kembali ronda keamanan lingkungan (Kamling).

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dalam konperensi pers akhir tahun, menyatakan, selama Tahun 2023 di Wonogiri terjadi peningkatan gangguan Kamtibmas sebanyak 26 kasus (70,2 persen). Angka crime total dan penegakan hukum tipiring masing-masing meningkat 11 kasus (9,2 persen).

Untuk jumlah penyelesaian perkara mengalami peningkatan 0,9 persen. Yakni pada Tahun 2021 sebanyak 104 (87,3 persen), dan di Tahun 2022 sebanyak 105 (88,2 persen).

Bambang Pur