blank
Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki dan Sekda Kendal, Sugiono foto bersama dengan sejumlah kepala desa.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Bupati Kendal Dico M Ganinduto, menjadi inspektur upacara “Apel Bersama” awal tahun di bulan Januari 2023 di Alun- alun Kendal, Senin(09/01/2023).

Apel bersama perdana ini, merupakan bentuk dari upaya penegakan disiplin kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kendal, dalam rangka meningkatkan semangat kerja di awal tahun 2023.

Pada Apel Bersama ini, Bupati Kendal memberikan piagam penghargaan kepada 15 kepala desa yang desanya dinobatkan sebagai “Desa Mandiri” oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Selain “Desa Mandiri”, ada sebanyak 127 desa dan 124 Desa Berkembang serta tidak ada desa yang tertinggal dan sangat tertinggal oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

“Selamat Tahun Baru 2023 kepada seluruh jajaran Aparatur Pemerintah dan masyarakat Kendal. Dengan datangnya tahun baru ini, kita selaku aparatur pemerintah agar bisa mengambil hikmah dan melakukan introspeksi diri terhadap apa yang sudah kita lakukan dan kerjakan pada tahun lalu,”papar Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Dico meminta, seluruh peristiwa yang telah dialami selama ini, seyogyanya dapat dijadikan bahan renungan, evaluasi dan dapat memetik pelajaran serta manfaatnya sejalan dengan tema pada apel perdana tahun 2023 ini, yakni “Kemandirian Desa Menuju Competitive Kendal”.

Dico berharap, semoga di tahun 2023 ini dan selanjutnya, desa yang ada di Kabupaten Kendal dapat memperoleh predikat “Maju dan Mandiri” sehingga kesejahteraan masyarakat bisa semakin meningkat.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh “Desa Mandiri” serta diharapkan mampu memacu kinerja desa-desa lain agar berlombalomba mencapai status “Desa Mandiri”. Desa Mandiri merupakan potret perkembangan desa berdasarkan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi desa. Ini menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk kemajuan dan mensejahterakan,”terang Dico.

Terkait dengan tema “Kemandirian Desa Menuju Competitive Kendal”, Dico menyatakan, bahwa pihaknya akan memprioritaskan pembangunan pada optimalisasi SDM di Kabupaten Kendal yang berdaya saing, berkarakter, dan Handal.

Selain itu, juga peningkatkan kualitas pendidikan mencapai 100 persen penduduk memiliki pendidikan dasar (SD) dan SMP yang didukung dengan kualitas sarana dan prasarana pendidikan yang merata, peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang menunjang era industri 4.0. Sapawi