blank
EVAKUASI - Camat Margadana, Kota Tegal, Ary Budi Wibowo mengevakuasi warga lansia. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Selama 12 jam ratusan rumah warga di Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah terendam air Kamis (5/1/2023). “Air yang merendam ratusan rumah merupakan air kiriman dari Kabupaten Tegal pada dinihari,” kata Camat Margadana, Kota Tegal, Ary Budi Wibowo di sela evakuasi warga Kamis (5/1/2023).

Ary menyampaikan, kondisi air Sungai Kemiri saat ini hampir luber. Ketinggian air mulai surut dari ketinggian 140 Cm pukul 02.00 menjadi 90 Cm pada siang hari. Akibat air kiriman sebanyak 1.440 warga, 480 rumah yang berada di RT 02, 03, 04, 05, 06, 07, dan RT 08 RW 1 Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal terendam air kiriman.

Sementara 56 warga untuk sementara mengungsi di pendopo Kecamatan Margadana. Pihak Dinas Sosial juga mempersiapkan membuat dapur umum mengantisipasi melonjaknya warga mengungsi.

“Alhamdulillah sekira pukul 14.00 air yang menggenangi ratusan rumah warga makin surut. Para pengungsi.yang ada di pendopo Kecamatan Margadana berangsur kembali ke rumah masing-masing. Namun demikian kita tetap selalu siap siaga,” ujar Camat Margadana Ary Budi.

Ary berharap kepada seluruh warga Kecamatan Margadana untuk tetap waspada terhadap cuaca kadang tidak bersahabat. Kadang di wilayah Kota Tegal tidak hujan tapi, tiba-tiba air kiriman dari wilayah sebelah datang. “Kami minta untuk tetap waspada,” ujar Ary.

Sementara dapur umum swadaya yang berada di wilayah RT 02 dan RT 03 RW 01 Kelurahan Sumurpanggang yang diinisiasi oleh Bapak Muslim masih tetap berjalan untuk warga yang masih membutuhkan.

Sutrisno