KPU Kota Semarang melantik PPK Pemilu 2024 yang akan ditempatkan tersebar di 16 kecamatan se-Kota Semarang, Rabu (4/1/2023). Foto: hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang pelaksanaan pesta demokrasi atau pemilihan umum (Pemilu) di tahun 2024 mendatang, segala persiapan pelaksanaan terus dikebut. Salah satunya kesiapan panitia yang akan diterjunkan di lapangan pada saat hari H Pemilu.

Bertempat di Ballroom MG Setos, Rabu (4/1/2023), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang melantik 80 orang yang menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024. Nantinya seluruh PPK tersebut akan disebar di 16 Kecamatan se-Kota Semarang

“Saya minta PPK ini benar-benar paham tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) pelaksanaan pemilu ini, apalagi seluruh tahapan – tahapan Pemilu ini akan terus berjalan hingga hari pemungutan suara tiba,” kata Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, yang hadir dalam acara tersebut.

Lebih jauh, Plt Wali Kota Semarang yang biasa disapa Mbak Ita ini mengatakan, kedepannya setelah dimulainya rangkaian tahapan pemilu ini maka panitia harus sudah bisa mengantisipasi adanya pendaftaran calon, kampanye, hingga teknis pemilihan suara di setiap lokasi pemungutan.

“Panitia pemilihan ini saya minta untuk selalu berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat, bisa bersinergi agar nanti apabila muncul permasalahan bisa diselesaikan bersama,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom, mengatakan, pihaknya pada saat seleksi penerimaan PPK juga tetap memperhatikan kuota jumlah keterwakilan perempuan, dan dari 80 PPK yang dilantik tersebut terdapat lebih dari 30 persen keterwakilan perempuan.

“KPU Kota Semarang tetap memperhatikan jumlah keterwakilan perempuan. Terhitung lebih dari 30 persen anggota PPK di Kota Semarang telah memenuhi kuota keterwakilan perempuan,” katanya.