blank
Bidang Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polda Jawa Tengah menggelar bakti kesehatan di lokasi terdampak banjir di Kota Semarang. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bidang Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polda Jawa Tengah menggelar bakti kesehatan di lokasi terdampak banjir di Kota Semarang.

Pelayanan kesehatan, pemberian vitamin dan obat dilakukan secara gratis kepada ratusan masyarakat terdampak banjir.

Kepala Bidang Dokkes Polda Jateng Kombes Pol. DR. dr. Sumy Hastry Purwanti SpF.DFM mengatakan, pihaknya turun langsung di lokasi korban banjir lantaran akses masyarakat ke fasilitas kesehatan terkendala banjir, kondisi sudah lanjut usia (lansia) ataupun kondisinya secara fisik kesulitan untuk mobilitas.

“Jadi kami yang mendatangi ke sana, memberikan dukungan bantuan kesehatan,” kata Hastry, Rabu (4/1/2023).

Bakti kesehatan sendiri dimulai sejak hari Minggu, 1 Januari 2023 yang dilakukan di daerah Muktiharjo Kidul RW.10 dan RW.15, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang dengan melayani 120 warga dari pagi hingga malam hari.

Aksi kedua bakti kesehatan dilakuan pada Senin 2 Januari 2023 yang menyasar di Masjid Muktiharjo Kidul RW.07, di Pos RW.10 Muktiharjo Kidul dan Kantor Kelurahan Tlogosari Kulon. Saat itu 160 orang warga dilayani tim Dokkes Polda Jateng yang dilakukan sejak pagi hingga sore hari.

“Pada Selasa 3 Januari 2023, tim Dokkes kembali berkeliling melaksanakan bakti kesehatan. Lokasinya di daerah Kaligawe Kota Semarang. Sebanyak 120 orang mendapatkan layanan kesehatan gratis,” ungkapnya.

Total, ada 5 tim dengan menerjunkan 20 personel terdiri dari dokter, perawat, bidan, apoteker, paramedis, medis dan non nakes. “Korban banjir ini rata-rata mengeluhkan sakit kulit karena terkena air kotor jadi gatal-gatal. Batuk pilek, sakit maag kambuh, mual, diare sampai hipertensi,” tuturnya.

Menurut Hastry, bakti kesehatan ini akan terus dilakukan sampai banjir bisa ditanggulangi. Pihaknya akan memberikan dukungan bantuan kesehatan bagi masyarakat luas.

Dikatakan, pada Rabu 4 Januari 2023 hari ini, bakti kesehatan Dokkes Polda Jateng menerjunkan 2 tim. Sasaran atau lokasinya di wilayah Genuk sampai wilayah Marina.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy menyebut, selain menggelar bakti kesehatan, pihaknya juga menggelar kegiatan lain, mulai pendirian dapur umum hingga patroli di lokasi-lokasi banjir.

“Polda Jateng hadir bakti kesehatan di lokasi terdampak banjir,” tandasnya.

Ning Suparningsih