blank
Suasana di sebuah perkampungan.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Banjir yang melanda di sejumlah wilayah Kabupaten Kendal sejak Sabtu 31 Desember 2022 kemarin, hingga hari ini di sebagian tempat belum juga surut, seperti yang ada di Kecamatan Kendal Kota ini.

Di Kelurahan Kebondalem misalnya. Kemarin di Gang Murbei yang ketinggian airnya rata- rata sekitar 10 hingga 15 sentimeter, sekarang bertambah menjadi 15 hingga 30 sentimeter.

Bahkan, tak sedikit dengan bertambahnya ketinggian air ini, banyak rumah yang terendam banjir. Mahmudi(53), salah satu warga mengatakan, banjir kali ini merupakan banjir yang paling besar sejak 10 tahun terakhir.

Padahal, biasanya jika hujan dan sungai Kendal meluap, air masuk perkampungan ketinggianya berkisar lima hingga 10 sentimeter. Namun untuk kali ini, hampir merata perkampungan terendam banjir.

“Sebetulnya, jika sungai Kendal dilakukan normalisasi, banjir ini bisa diatasi. Namun karena sungai Kendal sudah lama dibiarkan lumpurnya menggunung di tengah- tengah sungai, akhirnya airnya tak bisa mengalir lancar, sehingga masuk ke perkampungan warga,”kata Mahmudi, Minggu(01/01/2023).

Mahmudi berharap, pemerintah setempat bisa mengatasi permasalahan ini agar Kota Kendal tidak kebanjiran lagi, mengingat di Kecamatan Kendal ada sekitar delapan kelurahan menjadi langganan banjir.

Sementara itu, banjir yang melanda wilayah Kecamatan Brangsong khusunya di perumahan Karina Sejahtera, sekarang mulai surut. Meski demikian, warga masih was- was jika turun hujan lagi, karena Sungai Waridin yang sempat jebol di tiga titik, hingga saat ini belum juga diperbaiki.

“Saya masih ngungsi di rumah mertua saya Cepiring. Nanti sore akan pulang untuk bersih- bersih rumah,”kata salah satu warga, Rahmat(55).

Menurut Rahmat, kemarin rumahnya terendam banjir dengan kedalaman setinggi paha orang dewasa. Dan baru tadi malam air sudah surut, namun rumahnya dipenuhi dengan lumpur tebal.

“Semoga tidak turun hujan lagi, karena sungai Waridin yang sempat jebol belum dilakukan perbaikan. Warga kawatir, jika Sungai Waridin tersebut meluap, dipastikan air akan merendam perumahan Karina Sejahtera lagi,”harapnya.Sapawi