blank
Gerak jalan sehat massal moderasi beragama dan deklarasi tahun tolenrasi digelar di Kabupaten Pacitan, Jatim. Peserta membawa beragam pamflet yang menyuarakan pentingnya bertoleransi dan menjaga kerukunan antarumat beragama.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji), memberangkatkan ribuan peserta gerak jalan sehat moderasi beragama. Kegiatan ini digelar oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan, dalam rangka Hari Amal Bakti Ke-77 Kemenag.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, gerak jalan sehat massal tersebut mengambil start dari depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan. Bersamaan itu, juga digelar deklarasi Tahun Toleransi.

”Mudah-mudahan dengan kita berkumpul di sini, Pacitan semakin rukun, sehat, sejahtera dan bahagia, adil makmur, gemah ripah loh jinawi,” kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, sesaat sebelum mengibaskan bendera start untuk memberangkatkan peserta jalan sehat.

Menurut Kepala Kemenag Pacitan, Moh Nasim, jalan sehat moderasi beragama ini bertujuan untuk menciptakan suasana kerukunan diantara umat beragama. Juga kerukunan diantara masyarakat Pacitan. Selain itu, tambahnya, agar seluruh masyarakat Pacitan pada umumnya, dan keluarga besar Kemenag Pacitan sehat jasmani dan rohani.

”Jika berlangsung dengan baik, maka visi Pacitan sejahtera dan bahagia akan tercapai, jelas Kepala Kemenag Kabupaten Pacitan, Moh Nasim.

Jalan sehat massal ini, dihadiri Bupati beserta jajaran Forkompimda, Wakil Bupati, Sekda, serta para pimpinan dinas dan instansi terkait. Ikut sebagai peserta, Ormas Keagamaan se Kabupaten Pacitan, dan Keluarga Besar Kemenag Pacitan.

Sebelum pemberangkatan jalan sehat, dilaksanakan Deklarasi Tahun Toleransi oleh seluruh Ormas Keagamaan se Pacitan, dengan disaksikan oleh Bupati bersama jajaran Forkopimda Pacitan.

Bambang Pur