Salah satu peserta Blora Fest yakni Totok, ikuti sarasehan "Ngopi Bareng Bupati, UMKM Bangkit", di Pameran Blora Fest 2022. Foto: Kudnadi Saputro

BLORA (SUARABARU.ID) – Gelaran Pameran Blora Fest 2022 yang digelar di lapangan Eks Pasar Induk Lama Blora mulai Rabu (21/12/2022) hingga Kamis (29/12/2022) ternyata mampu memutar roda perekonomian para pelaku UMKM di Kabupaten Blora.

Tercatat, jumlah transaksi di even itu mencapai pada kisaran Rp 450 juta.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kiswoyo, SH, M.Si, dalam acara sarasehan “Ngopi Bareng Bupati, UMKM Bangkit”, Kamis malam 29 Desember 2022, mengungkapkan bahwa dalam event Blora Fest 2022 terjadi perputaran ekonomi hingga ratusan juta rupiah.

“Transaksi menunjukan yang berputar pada event tersebut sudah hampir Rp 450 juta. Ini sangat luar biasa, nanti kalau ditambah (waktu pameran) sampai malam tahun baru prediski kami akan bertambah lagi,” ungkap Kiswoyo.

Disampaikan Kiswoyo, sedianya pameran tersebut akan berlangsung hingga Kamis (29/12/2022), akan tetapi banyak para pelaku UMKM menginginkan agar pelaksanaan pameran diperpanjang hingga malam pergantian tahun.

Pada Blora Fest 2022 dilibatkan para pelaku UMKM yang ada di Blora, termasuk para pelaku usaha dari kerajinan kayu, furniture, batik, kuliner, dan lainnya, hingga tanaman Bonsai. Setidaknya ada 64 stand pameran yang memeriahkan gelaran even, termasuk tidak ketinggalan aneka wahana hiburan permainan turut menjadi daya tarik bagi masyarakat.

“Kita akan terus berupaya berkolaborasi dengan stakeholder, baik lembaga keuangan pelaku usaha pasar modern kita terus berupaya untuk mendorong produk UMKM di Blora, agar bisa dikenal masyarakat. Beberapa kali kita melakukan pameran bersama dekranasda seperti pada bulan Ramadhan, festival kuliner, dan lainnya,” ucap Kiswoyo.

Berbagai Kegiatan UMKM

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si akan mendorong agar diselenggarakannya berbagai event untuk mendukung UMKM yang ada di wilayah Blora terus bergeliat. Termasuk agar produk UMKM Blora nantinya bisa dikenal luas dan diminati masyarakat.

“Sinergi ini ke depan akan terus kita lakukan bersama. Tolong siapkan even lagi mungkin Ramadhan, Maret kita satu bulan full nanti disiapkan ditata untuk event nanti biar ekonomi masyarakat bisa bergerak dengan menampilkan potensi yang dimiliki,” jelas Bupati Blora.

Dikatakan, Pemkab akan terus mendukung upaya-upaya untuk kemajuan UMKM yang ada di Blora.