Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin didampingi Wakapolres Kompol Bakti Kautsar Ali pada konferensi pers Kamis 29/12 di Mapolres.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Guna mengamankan rangkaian kegiatan konser musik dua malam (30-31/12 di Alun-alun Kebumen dan lomba lari maraton Pantai Petanahan 31/12, Polres Kebumen menyiapkan 1.000 personel dibantu aparat Kodim 0709, Ditsamapta Polda dan Brimob Polda.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin mengungkapan hal tersebut kepada awak media, termasuk Suarabaru.id, usai memberikan keterangan pers akhir tahun 2022 di Mapolres, Kamis (29/12) siang.

Menurut Kapolres, setelah pengamanan perayaan Natal 2022, pihaknya segera melakukan antisipasi untuk pengamanan kegiatan besar di Kebumen di akhir tahun. Yaitu konser musik Happy Asmara dan Slank di Alun-alun Kebumen, serta lomba lari maraton Pantai Petanahan.

Menurut Kapolres, konser Happy Asmara di Alun-alun pada 30/12 malam dan dilanjutkan konser musik Slank pada 31/12 atau malam tahun baru 2023. Sedangkan pada 31/12 atau Sabtu pagi ada kegiatan lomba lari maraton di Pantai Pandankuning, Petanahan.

Untuk mengamankan rangkaian kegiatan akhir tahun dan menyambut malam tahun baru, pihaknya mengerahkan 1.000 personel. Polres juga mendapat dukungan BKO dari Kodim 0709, ditambah personel dari Ditsamapta Polda Jateng dan Brimob Polda Jateng.

“Tambahan personel pengamanan sekitar 500 personel, sudah kita siapkan untuk pengamanan konser Happy Asmara dan Slank,”terang AKBP Burnhanuddin.

Kapolres mengimbau kepada para penonton konser musik dua malam di Alun-alun Kebumen bisa menjaga keamanan dan berlaku tertib, serta tidak membawa barang terlarang.

Pihaknya juga akan melakukan rekayasa pengaturan lalu-lintas di jalan-jalan menuju Alun-alun saat konser dan malam tahun baru. Jalan sekitar Alun-alun Kebumen akan ditutup dan diatur agar konser dan perayaan malam tahun baru berjalan aman dan tertib.

Selama perayaan malam tahun baru, Kapolres juga melarang warga melakukan konvoi lalu-lintas atau arak-arakan di jalan.”Sebaiknya merayakan tahun baru bersama keluarga, isi dengan kegiatan positif dan mari sama-sama menjaga kemanan Kebumen tetap kondusif,”ujar Kapolres.

Aman dan Sukses Seperti KIE

Secara terpisah Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, pengamanan menjadi hal yang sangat penting demi lancarnya sebuah acara. Pihaknya sudah mempercayakan kepada Polres dan jajaran terkait untuk ikut sama-sama menyukseskan Kebumen Mendegam.

“Pengamanan ini penting karena konser ini mendatangkan artis papan atas bertepatan di acara pergantian tahun. Jadi bakal ada keramaian yang luar biasa dari pengunjung sehingga perlu diantisipasi dengan pengamanan yang ketat,”ujar Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Kamis (29/12).

Bupati berharap, pelaksanaan Kebumen Mendegam akan berlangsung dengan aman dan nyaman seperti halnya pelaksanaan Kebumen International Expo (JIE). Meski dihadiri puluhan ribu orang, acara berlangsung aman dan sukses.

“Harapannya Kebumen tetap aman seperti KIE, masyarakat bisa menikmati tahun baru dengan happy melalui tontonan yang mengasyikan,”ujar Bupati.

Komper Wardopo