blank
Suasana acara Wisuda Periode II Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Muhammadiyah Surakarta. FOTO: UMS

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mewisuda 1.641 sarjana baru lulusan setempat pada Periode II Tahun Akademik 2022/2023.

Upacara wisuda bagi 1.592 wisudawan Program Strata Satu(S-1) dan 112 orang Program Pascasarjana (S-2) berlangsung dalam upacara dipimpin Rektor UMS Prof Dr H Sofyan Anif MSI di Gedung Edutorium K.H. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (24/12).

Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono M.M menjadi salah satu lulusan yang diwisuda untuk program Magister Ilmu Hukum .

Wakil Rektor Bidang Akademik UMS Prof Dr Harun Joko Prayitno M. Hum melaporkan, Jumlah yang diwisuda pada Periode II Tahun Akademik 2022/2023 sebanyak 1.641 sarjana baru terdiri 1.592 wisudawan S-I dan Program 112 lulusan Program Pascasarjana .

Dari seluruh lulusan tercatat 560 wisudawan/wisudawati lulus dengan predikat Cumlaude. Mereka katagori disebut terakhir berasal dari FKIP 213 orang, FEB 19 orang , Fakultas Hukum dua orang, Fakultas Tekhnik 84 orang, Fakultas Geografi 29 orang, Fakultas Psikologi 28 orang, Juga dari Fakultas Agama Islam 59 orang , Fakultas ilmu Kesehatan 71 orang, Fakultas Kedokteran Gigi tujuh orang, Fakultas Komunikasi ikasi dan Informatika 28 orang dan sekolah Pascasarjana 20 orang.

Hingga pewisudaan periode II Tahun Akademik 2022/ 2023 UMS telah meluluskan 145.089 wisudawan dari program Diploma III (D-III), Sarjana Strata Satu (S-1, Program Pascasarjana (S-2) dan Program Doktor (S-3), terangnya.

Rektor UMS Prof Dr H Sofyan Anif MSI dalam sambutannya antara lain menyatakan, wisuda merupakan momentum penting bagi para lulusan perguruan tinggi, yang dapat dimaknai sebagai akhir proses pembelajaran secara formal.

Wisuda juga bisa diartikan masa pelepasan atas tugas akademik bagi peserta program pendidikan. Proses pendidikan yang telah ditempuh para peserta program Sarjana dan Magister di lingkungan UMS tentu saja disertai berbagai pengalaman baik yang menyenangkan dan kurang menyenangkan.

“Karena di samping tuntutan sebagai mahasiswa adalah menyelesaikan segala tugas akademik di kampus saudara juga mempunyai kewajiban lain yaitu dalam profesi masing masing. Untuk itu saya mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan yang telah saudara capai sekaligus merupakan bukti dari kerja keras serta pengorbanan saudara, ” tandas Rektor UMS.

Secara terpisah wisudawan Magister Ilmu Hukum, Juliyatmono menyampaikan UMS tempatnya menimba ilmu merupakan kampus yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat.

“UMS itu mencerahkan sehingga belajarnya itu menggairahkan dan menyenangkan. Selain itu kekeluargaannya luar biasa dan sangat bersahabat sehingga semua mahasiswanya menjadi lebih akrab,” ungkap Yuliatmono yang juga menjabat Bupati Karanganyar.
Bagus Adji