blank
Dalam upaya merekrut 883 personel PPS, KPU Kabupaten Wonogiri mengumumkan pendaftaran PPS berlangsung dari Tanggal 18 sampai dengan 27 Desember 2022.(Dok.KPU Kabupaten Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri dalam mempersiapkan tahapan pembentukan Badan Ad Hoc, telah menetapkan sebanyak 125 orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi bersama Anggota KPU Divisi SDM Augustina Puspa Dewi dan Divisi Teknis Penyelenggaraan Wahyu Nurjanah, menyatakan, sebanyak 125 calon PPK rencananya akan dilantik Rabu Tanggal 4 Januari 2023 mendatang. Dalam seleksinya, KPU juga menetapkan sebanyak 125 orang untuk dipersiapkan sebagai Pengganti Antar-Waktu (PAW)-nya.

Dari jumlah 125 orang calon PPK, sekitar 50 persen merupakan wajah lama yang berpengalaman dalam penyelenggaraan Pemilu. Ada sebagian wajah lama tidak dapat mendaftar lagi, karena telah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Sementara 50 persen selebihnya, merupakan wajah baru. Hal ini dirasa penting sebagai upaya regenerasi, dalam menyiapkan warga masyarakat yang tidak sekadar sebagai pemilih, tapi juga menjadi penyelenggara.

Seleksi Adminitrasi

Setelah proses seleksi PPK selesai, kini tiba gilirannya memasuki tahapan merekrut sebanyak 882 orang calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang kelak bertugas di 294 desa/kelurahan se Kabupaten Wonogiri. Pendaftaran PPS dibuka Tanggal 18 sampai dengan 27 Desember 2022.

Anggota KPU Wonogiri Divisi SDM Augustina Puspa Dewi dan Divisi Teknis Penyelenggaraan Wahyu Nurjanah, menyatakan, sementara data peminat PPS yang telah mendaftar melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) sebanyak 952 orang. Basic pendidikan terendah pendaftar PPS adalah SMA sederajat.

Sesuai penatahapannya, seleksi tertulis akan dilakukan mulai Tanggal 5 sampai dengan 7 Januari 2023 mendatang. Setelah sebelumnya, lolos seleksi adimintrasi yang dilakukan Tanggal 2 sampai dengan 4 Januari 2023.

Setelah loloos menjalani seleksi tertulis, pendaftar akan menghadapi tes wawancara yang diagendakan Tanggal 11 sampai dengan 13 Januari 2023. Sebelum kelak dilakukan pelantikan pada Tanggal 17 Januari 2023.

Bambang Pur