blank
Komandan Rayon Militer (Koramil) 03 Semarang Utara, Mayor Kav. Surung Mangunsong memimpin upacara di Lapas Kelas I Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Komandan Rayon Militer (Koramil) 03 Semarang Utara, Mayor Kav. Surung Mangunsong memimpin upacara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang, Senin (19/12/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan narapidana ini dilakukan sebagai wujud pembinaan bela negara terhadap narapidana dan bentuk sinergitas antar instansi.

Danramil menyebut upacara pengibaran bendera merah putih kali Ini terasa berbeda. “Upacara ini terasa berbeda karena dilaksanakan bersama dengan jajaran Lapas dan warga binaan Lapas Semarang,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran Lapas Semarang yang telah bersinergi dan bekerja sama dengan baik.

Danramil berpesan kepada narapidana untuk menjauhi narkoba dan tetap mematuhi tata tertib di Lapas.
“Jauhi narkoba karena narkoba merusak generasi penerus bangsa. Jaga persatuan bangsa, jangan mudah terpecah belah dengan perbedaan suku, agama dan ras budaya,” lanjutnya.

Dia pun menjadikan momentum ini sebagai bentuk dukungan moril dari TNI dalam menumbuhkan kesadaran warga binaan, bahwa hukuman yang mereka jalani saat ini sebagai bentuk ketaatan terhadap hukum negara.

Sementara Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan, upacara ini bermakna untuk menumbuhkan sikap disiplin dan rasa cinta tanah air, serta bangga sebagai bangsa yang besar dan berjiwa nasionalisme.

“Apa yang telah disampaikan oleh Danramil semoga menjadikan semangat mereka untuk tetap optimis dalam menjalani hukuman, dan saat keluar dari Lapas bisa menjadi insan lebih baik,” harapnya.

Menurut Kalapas, upacara pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi narapidana ini merupakan kegiatan rutin di Lapas. “Kegiatan upacara ini digelar rutin setiap hari Senin dan petugas upacaranya juga narapidana,” kata Kalapas.

“Walaupun mereka berstatus warga binaan yang telah dirampas haknya, tetapi mereka tetap rakyat Indonesia yang harus kita tumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air,” tandas Kalapas.

Ning Suparningsih