Peatihan kewirausahaan yang digelar Pemdes Tegalsambi.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Pemerintah Desa (Pemdes) Tegalsambi melalui program perpustakaan desa belum lama ini menggelar pelatihan kewirausahaan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Peserta UMKM dari masyarakat yang mengikuti pelatihan.

Dengan menghadirkan CEO Agra Guratama Group Dr. H. Muhammad Jamhari sebagai narasumber, pelatihan yang digelar di Pendapa Balaidesa ini diikuti 36 peserta yang merupakan pelaku usaha di Desa Tegalsambi.

“Untuk menjadi wirausaha tidak harus pintar tetapi harus bisa memahami ilmu kewirausahaan. Tanpa ilmu kewirausahaan yang baik tidak akan berguna”, ujar Dr. H. Muhammad Jamhari dalam pelatihan.

“Adanya modal juga belum tentu menjadi kunci utama kesuksesan. Banyak orang yang mempunyai kekayaan berlimpah hanya digunakan untuk berfoya-foya”, imbuhnya.

Lebih lanjut Dr. Jamhari megatakan, dalam berwirausaha juga pasti ada persaingan. Persaingan usaha adalah motivasi untuk menjadikan usaha yang kita mulai menjadi lebih baik.

“Persaingan memberikan kesempatan untuk kita berkembang. Dengan adanya trobosan baru, usaha yang dijalankan dapat bertahan di era yang serba dinamis”, terangnya.

“Contoh dalam persaingan usaha seperti Alfamart dan Indomart. Kedua perusahaan tersebut menjual barang yang sama tetapi kedua perusahaan tersebut sama-sama bertahan”, tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Petinggi Tegalsambi Agus Santoso berharap, peserta pelatihan dapat memahami dan mempraktekkan materi dalam pelatihan ini dan juga untuk bahu membahu dalam membangkitkan wirausaha dan memperkuat ekonomi di Desa Tegalsambi.

ua/fitra