blank
Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 Wirasatya (WS). Foto: Dok/Polri

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 Wirasatya (WS) yang genap 26 tahun ini melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Angkatan Wira Satya yang berjumlah 301 perwira ini dilantik di Istana Negara oleh Presiden Suharto, bersama dengan lulusan Akademi Militer (Angkatan Darat), Akademi Angkatan Laut (AAU) dan Akademi Angkatan Laut (AAL).

Ketua Angkatan 1996/Wira Satya, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan, Wira Satya sangat peduli kegiatan sosial dan semua terwadahi dalam Yayasan Wirasatya yang sudah berbadan hukum

“Kekompakan Angkatan Wira Satya terlihat pada kegiatan kemanusiaan dengan tema Peduli Polri untuk Negeri,” kata Budhi, Minggu (18/12/2022).

Disampaikan, peran mereka diantaranya memberikan bantuan kepada korban tsunami di Palu, Nusa Tenggara Barat, gempa di Cianjur, membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia hingga memberikan pelatihan UMKM berbasis digital.

Disebutkan, pada 14 Oktober 2022 lalu di Kota Semarang, mereka juga berkontribusi untuk almamaternya membangun Wisma Akpol dengan fasilitas bangunan 30 kamar, yang grounbreakingnya dihadiri Gubernur Akpol, Irjen Pol. Suroto.

“Pada bidang edukasi, Wira Satya juga telah menerbitkan buku berjudul Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput”. Ini sebagai upaya memberikan referensi terkait tugas-tugas Polri di lapangan,” kata Budhi.

Salah satu Angkatan Wira Satya, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy menyebut, ada slogan menarik di angkatannya, yakni “Satu Hati Pangsiun Bahagia Bersama”.

“Slogan itu sebagai komitmen janji kami untuk bersama sebagai keluarga besar alumni Akpol Angkatan Wira Satya, baik saat berdinas maupun nanti jika sudah purna tugas bahagia bersama,” kata Iqbal.

Sementara Ketua Bidang Tradisi dan Pemuliaan Nilai-nilai Luhur Yayasan Bakti Wira Satya, Kombes Pol Basya Radyananda mengatakan, genap usia pengabdian 26 tahun yang jatuh pada 19 Desember 2022, Angkatan WS akan menggelar berbagai kegiatan.

“Diantaranya anjangsana kepada Warakawuri Wirasatya (istri dan keluarga dari Angkatan WS yang telah meninggal dunia), anjangsana untuk rekan-rekan angkatan WS yang sedang sakit, ziarah kepada rekan angkatan yang telah meninggal dunia dan ditutup dengan syukuran,” terangnya.

Menurutnya, acara syukuran akan digelar Senin (19/12) pukul 08.00 di WIB di tingkat pusat digelar di Lobi Utama Museum Polri di Jakarta. Sementara di tingkat kewilayahan digelar di masing-masing Polda yang akan diisi santunan kepada yatim piatu.

Ning Suparningsih