blank
Plt Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti secara simbolis menyerahkan kunci ambulans kepada Lapas Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menerima hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berupa satu unit mobil ambulans yang diserahkan oleh Plt Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Jumat (16/12/2022).

Selain menghibahkan mobil ambulans, Lapas Semarang juga menerima hibah pembangunan pendopo yang dinamakan “Andaru” senilai Rp 500 juta.

Plt Wali Kota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan untuk Lapas. “Mobil ambulans dapat digunakan dalam kondisi darurat maupun membawa narapidana ke rumah sakit rujukan Lapas,” ujarnya.

“Sekitar 90 persen dari penghuni Lapas Semarang adalah warga Kota Semarang. Jadi sudah menjadi kewajiban Pemkot Semarang untuk membantu akses kesehatan warga binaan,” ungkapnya.

Mbak Ita berharap berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkot Semarang bersama Lapas Semarang bisa berdampak positif dan bermanfaat bagi narapidana.
“Kita berharap warga binaan di Lapas ini bisa menjadi insan yang lebih baik lagi saat keluar nanti, dan tidak melakukan pelanggaran hukum lagi,” harapnya.

Sementara, Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengungkapkan, saat ini Lapas memang terkendala alat transportasi ketika ada narapidana yang sakit dan hendak dibawa ke rumah sakit di luar Lapas. Hal itu dikarenakan mobil ambulans yang ada kondisinya sudah tidak mumpuni untuk dioperasikan.

“Mobil ambulans yang dimiliki Lapas kini sudah saatnya diganti lantaran termakan usia, sehingga tak layak digunakan,” tutur Tri Saptono.

Menurut Kalapas, bantuan mobil ambulans dari Pemkot Semarang ini sangat membantu saat narapidana membutuhkan penanganan medis khusus.

“Di Lapas sudah ada klinik pratama, namun saat ada narapidana yang membutuhkan perawatan lebih intensif, pastinya butuh rujukan ke rumah sakit di luar Lapas. Mobil ambulans bantuan Pemkot Semarang ini sangat kami butuhkan,” tandas Kalapas.

Ning Suparningsih