blank
Ketua PPKM Harmini ST MEng menyampaikan materi PPKM pada pendampingan pembuatan proposal PKM di Aula Prof Joetata, Gedung V Lt 6 USM. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Tim Pusat Program Kreativitas Mahasiswa (PPKM) Universitas Semarang (USM) melakukan pendampingan pembuatan proposal PKM bagi mahasiswa, Senin, 12 Desember 2022. Kegiatan ini diikuti 137 mahasiswa yang di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt.6. USM.

”Pendampingan ini akan dilakukan tiga kali, pendampingan pertama adalah pembagian kelompok dan penggalian ide PKM. Pendampingan kedua adalah pembuatan dan review PKM. Pendampingan ketiga adalah finalisasi Proposal PKM yang siap di upload,” kata Ketua Tim PPKM, Harmini ST MEng.

blank
Para peserta mendengarkan materi dari narasumber pendampingan pembuatan proposal PKM bagi mahasiswa, Senin, 12 Desember 2022. Kegiatan ini diikuti 137 mahasiswa yang di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt.6. USM. (Foto:News Pool USM)

Dia menambahkan, sebelum pembagian kelompok, mahasiswa harus menggali judul dan tema yang akan diambil untuk proposalnya.

”Judul tersebut kemudian dikembangkan sesuai dengan tema yang diminati, serta harus ada unsur teknologi informasi ketika membuatnya. Misalnya, mengambil tema PKM-Kewirausahaan, maka harus dibarengin dengan pembuatan web usaha untuk pemasaran atau mungkin bergabung ke platform e-commerce, Instagram, atau facebook untuk pemasaran,” ungkapnya.

Harmini mengatakan, jika ingin mengambil tema PKM-Pengabdian kepada masyarakat harus survei dahulu pada lokasi yang akan dituju. Selain itu juga bekerja sama dengan organisasi-organisasi di lokasi tersebut, seperti posyandu, PKK, atau anak sekolah.
”Untuk tema riset mahasiswa dapat memilih antara riset eksakta atau riset social humaniora sesuai dengan jurusan masing-masing,” tuturnya.

Dari kegiatan ini ada 36 kelompok yang telah dibagi. Setiap kelompok harus Menyusun dua proposal dengan judul yang berbeda. Skema pembagian kelompok adalah beda angkatan dan lintas jurusan.

Muhaimin