blank
Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo. Foto: Dok/Badiklat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penutupan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Gelombang III Badiklat Hukum dan HAM Jateng diselenggarakan di kantor Badiklat setempat yang terpusat dari Ruang Pusparaja secara virtual, Selasa (13/12/2022).

Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo, kembali mereview pelaksanaan latsar yang dilaksanakan selama 70 hari kerja pada 1 September hingga 7 Desember 2022.

Latsar tersebut terdiri dari peserta golongan II dan Golongan III yang terbagi dalam 14 angkatan. Selain menyampaikan review evaluasi mulai dari evaluasi penyelenggaraan, evaluasi pengajar, hingga ke evaluasi peserta pelatihan, diakhiri dengan pengumuman peringkat tiga besar di tiap angkatan.

“Peserta Latsar CPNS Gelombang III sebanyak 495 orang lulus dengan memenuhi kualifikasi, 289 orang dengan nilai sangat memuaskan, dan 206 orang dengan nilai memuaskan,” terangnya.

Kaswo mengatakan, pada pelatihan dasar CPNS Tahun Anggaran 2022 ini, Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah telah berhasil meluluskan 1.773 peserta di 10 Kanwil dalam wilayah kerja Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Asep Kurnia pada kesempatan itu mengingatkan seluruh peserta pelatihan dasar CPNS supaya dapat mengimplementasikan semua ilmu yang telah didapat selama mengikuti pelatihan dasar CPNS.

“Peran ASN untuk mewujudkan ASN SMART, di internalisasi pada seluruh aspek kehidupan bukan terbatas pada pelaksanaan tugas sebagai ASN saja, tetapi menjadi nilai yang dibawa oleh setiap individu,” tegasnya.

Asep menekankan, pada era demokratisasi dan transparansi sekarang ini, segenap Aparatur Sipil Negara sering menjadi sorotan oleh semua elemen masyarakat. Berbagai macam predikat yang menyudutkan mewarnai wajah Birokrasi Indonesia.

“Aparatur Sipil Negara diharapkan mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan tersebut,” tukasnya.

Pada penutupan pelatihan dasar CPNS Gelombang III TA 2022 ini dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham di wilayah Kerja Badiklat Jateng, Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang, Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar, para Kepala Unit Pelaksana Teknis beserta Mentor, serta para pengajar dan penguji pelatihan dasar CPNS Gelombang III TA 2022.

Usai penutupan, Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah mengandeng Cristal Indonesia Manajemen menggelar Webinar dengan tema “Melatih Public Speaking dengan Konsep Edutainment di Era Digital”.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala BPSDM Hukum dan HAM bersamaan dengan penutupan Latsar CPNS Gelombang III ini, diikuti oleh seluruh CPNS di wilayah kerja Badiklat Jateng.

Ning Supàrningsih