ilustrasi orang terkena flu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjelang akhir tahun, musim hujan dan suhu udara yang dingin kerap melengkapi hari-hari kita. Penyakit-penyakit ringan khas cuaca yang kadang berangin ini juga jadinya rawan menyerang tubuh.

Dilansir dari Suara.com, Flu merupakan salah satu penyakit ringan namun berjangka panjang yang biasanya menyerang banyak orang di musim seperti sekarang. Bagi kamu yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit flu, kamu bisa banyak mengonsumsi tujuh jenis makanan seperti di bawah ini.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang berharga di Indonesia. Mengutip www.fimela.com, nutrisi yang terkandung di dalam jahe dipercaya mampu menghangatkan tubuh dan membunuh kuman serta bakteri di tubuh penyebab flu. Kamu bisa membuat minuman hangat dengan menggunakan jahe sebagai campurannya untuk meredakan flu yang menyerang.

2. Madu

Jenis makanan yang bersumber dari hewan lebah ini sudah terkenal dengan khasiatnya yang sangat banyak. Dilansir dari justbeehoney.co.uk, madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antimikroba yang melawan virus dan mengobati pilek dan gejala yang mendasarinya.

3. Sup Ayam

Seperti yang termuat dalam www.llalive.com bahwa sup ayam memiliki elektrolit yang dapat merehidrasi tubuh yang terserang pilek dan flu. Maka dari itu tak heran kalau kebanyakan orang merawat orang sakit dengan memberinya sup ayam sebagai makanan sehari-hari selama sakit.

4. Teh

Minuman satu ini memang dijadikan andalan di segala kondisi. Suhu hangat yang menguar dari teh yang diseduh bisa membantu meredakan hidung dan tenggorokan yang tadinya tersumbat.

5. Buah Beri

Buah beri umumnya mengandung vitamin C di setiap butirnya. Vitamin C merupakan jenis nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar flu tidak mudah menyerang.

6. Yogurt

Selain rasa asamnya yang banyak diidolakan orang-orang, yogurt juga mengandung probiotik yang bisa mempersingkat penyakit flu yang biasanya berlangsung sampai berminggu-minggu.

7. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa kimia yang telah terbukti bisa melindungi diri dari pilek dan flu dikutip dari supagarlic.com.uk. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Itu dia tujuh jenis bahan dan makanan yang bisa membantu melawan penyakit flu.

Claudia