blank
Mulyani M Noor, Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 05 Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang melakukan pengecekan anggotanya terkait proses pemilihan di lokasi pemilihan di lapangan Blok A Perumahan Genuk Indah Semarang, Minggu (11/12/2022). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Warga Erwe Lima (RW 5) Perumahan Genuk Indah Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang menggelar Pemilu (Pemilihan Umum) untuk memilih Ketua RW periode 2022-2025, Minggu (11/12/2022).

Dalam Pemilu RW tersebut, diikuti oleh 500 warga dari 6 RT di RW 05, yang sudah diverifikasi oleh Panitia Pemilihan dan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) versi warga, dengan 2 calon Ketua RW, yaitu Sugiyanto (mantan Ketua RW periode sebelumnya) dan Puji Widodo (petahana).

“Kegiatan Pemilu ini, untuk mensikapi usulan dari warga yang menginginkan ada calon Ketua RW lain, selain saya. Sehingga dibentuklah Panitia Pemilihan Ketua RW, agar lebih demokratis. Selain itu, kita ramaikan juga dengan Bazaar UMKM warga yang berjumlah 30 stand serta diadakan pula vaksin dan tes kesehatan gratis, yang difasilitasi dari Kelurahan,” Puji Widodo, Ketua RW 5 Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang di lokasi pemilihan.

Sedang syarat pemilihan, lanjutnya, seluruh warga RW 05 yang sudah memiliki KTP diberikan hak untuk memilih secara langsung. Sedangkan warga yang berusia 17 tahun namun KTP belum keluar, juga diberikan hak pilih yang sama, dengan menunjukkan kartu keluarga (KK).

Ketua Panitia Pemilihan Mulyani M Noor menegaskan, bahwa warga yang memiliki hak pilih adalah seluruh warga yang berdomisili di wilayah RW 05, yang dibuktikan dengan adanya kepemilikan KTP dan telah diverifikasi oleh panitia pemilihan.

“Ya semula ada yang berpendapat, jika warga yang kontrak atau boro di wilayah RW 05 diberikan hak pilih juga. Namun untuk menghindari timbulnya persoalan, maka kita spesifikasikan khusus untuk warga RW 05 dan bagi warga yang kerja atau tinggalnya di luar wilayah RW 05, bisa datang untuk memberikan suaranya,” jelas Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Semarang ini.

blank
Gunarto, SH Lurah Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang berdialog dengan Sismoyo Ketua LPMK Gebangsari saat meninjau proses pemilihan Ketua RW 05 Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Minggu (11/12/2022). Foto : Absa

Untuk persiapan, imbuhnya, panitia pemilihan dengan slogan Cakra Wema (Cara Demokrasi Erwe Lima) ini, dibentuk dari perwakilan 6 RT dan menjalankan kerjanya sejak 3 bulan lalu dan dibantu oleh beberapa elemen masyarakat, salah satunya karang taruna. Sehingga secara keseluruhan panitia berjumlah 20 orang.

“Jadi panitia pemilihan RW ini tugasnya seperti panitia pemilihan KPU. Selain meverifikasi daftar pemilih tetap (DPT), juga melakukan seleksi calon ketua RW yang layak untuk mencalonkan. Kemudian ditetapkan oleh panitia, akhirnya muncullah dua nama. Yaitu Pak Sugiyanto, mantan Ketua RW dan Pak Puji Widodo petahana. Dan untuk waktunya, peikihn ini sapai jam 12.00 WIB,” ungkap Mulyani.

Lurah Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang Gunarto mengapresiasi proses pemilihan di RW 05, sebab melibatkan semua unsur masyarakat untuk meramaikan kegiatan tersebut, dengan adanya bazaar UMKM dan vaksin serta cek kesehatan gratis.

“Ya baru kali ini ya ada pemilihan RW begitu rame. Sebelumnya tidak ada seperti ini. Saya sangat mengapresiasi positif ya, kinerja semua unsur di RW 05 dan jajaran, yang sukses menyelenggarakan ini,” kata Gunarto didampingi oleh Ketua LPMK Sismoyo.

Lurah Gebangsari juga berharap, siapapun Ketua RW 05 yang terpilih nantinya, warga selalu mendukung dan menjalankan program-program yang akan dijalankan.

“Harapan Saya, apapun yang nanti terpilih, ya kita dukung bersama lah. Jangan sampai nanti sebelum batas waktunya, dikemudian hari dijegal, diberhentikan di tengah jalan,” harap Gunarto mengimbau.

Absa