blank
Seorang siswa TK belajar memetik buah nanas. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Wisata Edukasi Kebun Nanas Desa Pedawang, Kecamatan Bae, kini menjadi tujuan destinasi wisata baru di Kabupaten Kudus. Wisata edukasi berupa perkebunan nanas tersebut bisa menjadi lokasi menarik untuk berwisata sekaligus belajar berkebun.

Berjarak hanya tiga kilometer dari pusat kota, lokasi Eduwisata Kebun Nanas Pedawang ini menawarkan pengetahuan mulai dari proses berkebun nanas, menanam, mengolah hingga memetik buah nanas. Yang patut diapresiasi, kawasan wisata ini dikelola Dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Singo Barong, Desa Pedawang.

Seperti terlihat yang dilakukan anak-anak SDIT Al Islamiyah Karangbener Kudus Sabtu (10/12) pagi. Terlihat puluhan siswa-siswi begitu antusias ingin memetik buah nanas serta bermain di kawasan kebun nanas nusantara.

Guru SDIT Al Islamiyah Karangbener Nurul Khasanah mengaku sengaja mengajak anak-anak untuk berwisata edukasi untuk melihat proses dan beraneka ragam nanas nusantara di Kebun Desa Pedawang. Sebab, baru melihat kali ini kebun nanas dengan berbagai daerah ditanam jadi satu.

“Kegiatan ini untuk mengisi outing kelas mengisi aktifitas akhir semester. Tadi anak-anak diajak menanam, terus melihat neraneka ragam buah nanas,” kata Nurul Khasanah.

Menurutnya, anak-anak mengaku senang dapat bermain dan wisata edukasi di kebun nanas. Selain itu, baru dapat diketahui disini adanya pemanfaatan hasil selain buah nanas.

“Tadi anak-anak juga dilihatkan proses buat serat nanas dari daunnya. Tadi kulit nanas juga dimanfaatke untuk minuman, rasanya juga enak,” jelasnya.

Pihaknaya berharap, wisata edukasi ini dapat memberi ilmu baru anak terkait kebun nanas nusantara tanpa harus keluar kota. “Di Kudus saja ada nanas banyak banget, Palembang, Siak, Pemalang dan lain-lain,” ujarnya.

blank
Eduwisata Kebun Nanas Pedawang ini menawarkan pengetahuan cara berkebun hingga memanen nanas. foto: Ali Bustomi

Sementara, salah satu siswi SDIT Al Islamiyah Karangbener Latifah Marja Rahman mengaku senang dapat berwisata edukasi di kebun nanas. Dia mengaku baru pertama kalinya melihat perkebunan nanas.

“Senang sekali, tadi diajak menanam nanas juga makan nanas. Rasanya enak, manis nanasnya,” terangnya.

Sementara pengurus Pokdarwis Singo Barong Puji Idirianto menuturkan, terdapat sekitar 16 varietas jenis nanas di kebun nanas nusantara. Mulai dari nanas madu Pemalang, nanas madu Palembang, nanas madu Jambi, nanas Prabumulih, nanas Siak, nanas Pekanbaru, nanas putih, nanas merah dan beragam jenis nanas berbagai daerah lainnya.

Dengan membuka wisata edukasi kali ini merupakan kegiatan pertama dalam mengenalkan kepada masyarakat luas potensi nanas nusantara dari Desa Pedawang. Pihaknya menjelaskan wisata edukasi kebun nanas nusantara pengunjung dapat melihat proses menanam hingga menikmati nanasnya.

“Wisata edukasinya mulai melihat kebun nanas, menanam, anak-anak kami ajari membuat serat dari daun nanas, bermain game, dan menikmati buah dan es sari nanas. Anak-anak juga mendapat bingkisan olahan sale nanas,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, potensi unggulan Desa Pedawang kali ini dapat berkembang dan lebih dikenal masyarakat luas atas potensi wisata kebun nanas yang tengah dirintis Pokdarwis Singo Barong Desa Pedawang.

Ali Bustomi