friendship run
Manajer Sunsetfalls Gardens and Resort Rudy Adi Mulyo saat menyerahkan hadiah bagi pemenang Friendship Run 10K yang diselenggarakan Sunsetfalls Gardens and Resort Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Sabtu (10/12/2022). Foto; W. Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-Sebanyak 145 pelari dari berbagai daerah di Pulau Jawa  mengikuti Friendship Run 10K  yang diselenggarakan Sunsetfalls Gardens and Resort Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Sabtu (10/12/2022).

“Para pelari yang ikut dalam  Friendship Run 10K   ini dari  berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bogor, Semarang, Solo dan Yogyakarta dan lainnya,” kata General Manajer Sunsetfalls Gardens and Resort  Rudy Adi Mulyo, Sabtu (10/12/2022)..

Rudy mengatakan, Friendship Run 10 K   yang digelar Sunsetfalls Gardens dan Resort, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang tersebut, merupakan ajang pemanasan lomba lari  Merbabu Sky Race 2023 akan  digelar 6- 7 Mei 2023 mendatang.

Menurutnya, dipilihnya Gunung Merbabu sebagai tempat ajang lomba lari tersebut, selain medan yang menantang bagi setiap pelari juga dari gunung yang ada di berbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali tersebut bisa menikmati panorama yang cukup indah. Yakni, pemandangan alami pegunungan, pemukiman warga, perkebunan sayur.

“Selain itu, dari Gunung Merbabu juga menyaksikan keindahan gunung lainnya, yakni Gunung Andong, Telomoyo, Sindoro dan Sumbing serta Rawa Pening di Kabupaten Semarang,” katanya.

Sementara itu, Race Director Merbabu Sky Race Tri Agus Budi Santoso menambahkan, untuk ajang Merbabu Sky Race 2023  mendatang akan dibagi dalam tiga kategori. Yakni, 10 K, 20 K dan 40 K.

“Kategori 40K akan menjadi yang terberat di Indonesia untuk kategori trail run di bawah 50K, karena elevasinya cukup tinggi  yakni di atas 2000 meter di atas permukaan laut, dan menjadi tantangan tersendiri bagi pelari,” kata Tri Agus.

Tri Agus mengatakan, Merbabu Sky Race mempunyai kekuatan tersendiri, karena hanya berjarak 10 kilometer saja sudah sampai di Gunung Merbabu. Kemudian, 20 kilometer sudah sampai di puncak Gunung Merbabu.

“Sedangkan, yang 40 K sudah  bisa naik dan turun gunung,” imbuhnya.

Menurutnya, adapun rute yang akan dilalui para pelari pada Merbabu Sky Race 2023 mendatang yakni  start dan finish di Sunsetfalls Gardens & Resort dan melalui pos pendakian   Merbabu  di Cunthel, Thekelan dan Selo.

Tri Agus menambahkan, bagi para  juara pertama, kedua dan ketiga Friendship Run 10K  tersebut  langsung mendapatkan slot untuk Merbabu Sky Race 2023  10 K.

“ Peserta yang mengikuti Friendship Run 10K juga berhak untuk mendapatkan special price saat registrasi Merbabu Sky Race 2023,” katanya.W. Cahyono