blank
Pilkades di Desa Keloran Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, digelar di Pendapa Balai Desa. Diikuti oleh dua orang jago, yakni Sumaryanto (petahana) dan Triyanto.(Ist. SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hari ini Rabu (7/12) di Kabupaten Wonogiri digelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Demokrasi desa untuk memilih Calon Kepala Desa (Cakades) ini, dilaksanakan di 15 desa tersebar di 12 dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo, berpesan, boleh beda pilihan tapi harus tetap dalam kebersamaan. ”Laksanakan Pilkades sebagai wujud demokrasi yang bermartabat, tidak main money politics dan tidak bermain SARA, utamakan misi dan misi,” tegasnya.

Harapan sama, juga disampaikan Ketua DPRD Sriyono, Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto dan Kapolres AKPB Dydit Dwi Susanto serta Kajari PP Radot. Imbauan sama, juga disampaikan para tokoh dari lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama pimpinan Ormas Persilatan.

Mereka mengajak semua lapisan masyarakat yang hari ini desanya menggelar Pilkades serentak Tahap I Tahun 2022, mampu menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman, sejuk, kondusif dengan mengedepankan kerukunan. Sejak menjelang, pelaksanaan dan pasca Pilkades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Antonius Purnama Adi dan Kabag Prokopim Pemkab Wonogiri Mursid Suroto, menyatakan, Pilkades serentak hari ini diikuti 39 orang jago yang memperebutkan formasi kekosongan sebanyak 15 Kepala Desa (Kades) yang telah habis masa jabatannya.

Yang maju menjadi jago Pilkades adalah sebagai berikut: Kecamatan Bulukerto dilaksanakan di dua desa. Yakni Desa Tanjung dan Desa Geneng. Masing-masing diikuti dua orang jago. Yakni Narto dan Candra Ery Yusuf (Desa Tanjung) dan Petahana Kades Tarno dan Rini Puspitasari (Desa Genang).

Pilkades di Kecamatan Pracimantoro digelar di Desa Glinggang, diikuti dua orang jago, terdiri atas Gunarto (petahana) dan Sukiran. Kecamatan Karangtengah di Desa Karangtengah diikuti sebanyak 4 orang jago. Terdiri atas Santoso, Sriyati, Agus Mustakim SPd, MM, dan Vidi Pranika.

Lima Jago

Kemudian di Kecamatan Jatisrono digelar di Desa Jatisrono dengan dua orang jago, yakni Mulyadi (petahana) dan Yanto. Kecamatan Baturetno di Desa Gambiranom dengan 5 orang jago. Terdiri atas Intan Putri Lestari SAK, Mustafa, Ir Irianto (petahana), Mulyana dan Sudarno.

Kecamatan Purwantoro di Desa Bakalan dengan dua orang jago, yaitu Danang Surpiyadi SIP (petahana) dan Sutanto SPd, MPd. Kecamatan Eromoko di dua desa. Untuk Desa Baleharjo dengan dua jago masing-masing Sulino (petahana) dan Wijiatun. Kemudian di Desa Tempurharjo diikuti 3 orang jago, yakni Eka Sri Mulyanto (pethana), Sudiharto dan Suwarjo.

Pilkades di Kecamatan Jatipurno digelar di Desa Tawangharjo diikuti 5 orang jago. Terdiri atas Surisnowati, Rejo (petahana), Marjuliyanto, Untung dan Sido. Kecamatan Girimarto di Desa Tambakmerang diikuti dua jago masing-masing Aris Wahyu Suryanto dan Margono (petahana). Kecamatan Selogiri di Desa Keloran dengan 2 orang jago, yaitu Triyanto dan Sumaryanto (petahana).

Kecamatan Nguntoronadi di dua desa (Wonoharjo dan Ngadiroyo) masing-masing diikuti 2 jago. Dua jago untuk Desa Wonoharjo terdiri atas Yuliyanto (petahana) dan Nur Afifah Chomsah. Desa Ngadiroyo Paulus Edi Gunawan dan Muyono (petahana). Kecamatan Kismantoro di Desa Miri diikuti 2 jago yakni Beny Suryanto (petahana) dan Dean Ersandy.

Bambang Pur