blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis foto bersama kepala/pimpinan OPD/BUMD yang meraih Magelang Innovation Award (MIA) 2022. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang memberi penghargaan kepada masyarakat, organisasi perangkat daerah (OPD) dan BUMD yang telah menciptakan berbaga inovasi. Penyerahan dilakukan pada acara Magelang Innovation Award (MIA) 2022 di Hotel Atria, Senin (5/12).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Handini Rahayu menjelaskan, MIA 2022 diawali dengan kompetisi inovasi OPD dan BUMD yang diselenggarakan untuk mendorong pemda dan BUMD melakukan kreativitas dan inovasi.

Selanjutnya dapat diterapkan sekaligus mampu mengatasi permasalahan pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat, lebih mudah, lebih murah dan lebih tepat sasaran.

Tahap sosialisasi kompetisi inovasi OPD dan BUMD dilaksanakan 25 Mei 2022, dan tahap pengajuan proposal sampai 25 Agustus 2022.

‘’Panitia menerima usulan inovasi sebanyak 41 usulan dari perangkat daerah dan BUMD. Yang lolos seleksi administrasi sebanyak 25 usulan inovasi dengan rincian 23 dari OPD dan 2 dari BUMD,’’ kata Handini.

Selanjutnya tahap paparan dan wawancara terhadap 25 peserta yang lulus administrasi pada 14 November 2021, dengan tim penilai terdiri Kemendagri, akademisi dan perwakilan Media. Dilanjutkan dengan tahap verifikasi dan observasi lapangan pada 15 November 2022.

‘’Hasil penilaian tim juri terhadap tahapan yang telah dilakukan, diperoleh 6 OPD yang mempunyai nilai tertinggi, yang selanjutnya menerima penghargaan berupa hadiah dan uang pembinaan pada acara MIA 2022 ini,’’ terangnya.

Adapun tiga peringkat teratas OPD dan BUMD yang menerima penghargaan adalah juara 1 Auto E-City Dinas Perhubungan, juara 2 adalah i-magelang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, juara 3 GPS BERKARAKTER – SMPN 2 Kota Magelang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemudian juara harapan 1 Rodanya Mas Bagia – DP4KB, juara harapan 2 CEK BANSOS Dinas Sosial, dan juara harapan 3 DAKWAH Dinas Kesehatan.

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba roket terkendali tingkat SMP se-Kota Magelang yang dilaksanakan 29 September 2022 di Stadion Moch Soebroto Magelang.

Para pemenang adalah SMP Muhammadiyah Alternatif 1 – Tim 2 (Juara 1), SMPN 8 – Tim 2 (Juara 2) dan SMPN 3 – Tim 2 (Juara 3).

Selanjutnya SMPN 8 – Tim 1 (Juara Harapan 1), SMPN 2 (Juara Harapan 2) dan SMPN 5 (Juara Harapan 3). Juara Desain Rocket Air Terbaik berhasil diraih oleh SMPN 13 Kota Magelang.

Pada acara itu juga dilaunching Pamong Inovasi dan Aplikasi Inovasi OPD dan BUMD.
Handini menjelaskan Pamong Inovasi merupakan katalisator atau agen perubahan pada setiap OPD dan BUMD yang sudah ditetapkan melalui surat keputusan Kepala OPD dan BUMD sebanyak 130 orang.

‘’Pamong ini akan mendorong setiap OPD mau tidak mau menelurkan lebih dari 1 inovasi,’’ ujarnya.

Sedang Aplikasi Inovasi OPD dan BUMD merupakan aplikasi pendaftaran dan pengukuran inovasi dari OPD dan BUMD di Pemkot Magelang. Aplikasi ini dikembangkan dengan maksud sebagai salah satu sarana dalam membantu pelaporan inovasi kepada pemerintah pusat

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan, OPD maupun BUMD didorong untuk membuat inovasi untuk mempermudah pelayanan masyarakat. Ke depan jika seluruh inovasi terintegrasi maka Kota Magelang bisa disebut Kota Inovator.

‘’Intinya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat Kota Magelang,’’ tegasnya. (pemkotmgl)