blank
Ratusan santri dukung 'Ganjar Presiden 2024' melalui sholawat dan doa bersama. Foto: Dok/relawan

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Dukungan Ganjar Pranowo jadi Presiden 2024 terus mengalir.

Sebanyak 600 santriwan dan santriwati yang berjejaring dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah menyemarakkan aspirasi ‘Ganjar Presiden 2024’.

Dukungan tersebut disampaikan dalam kegiatan ‘Sholawat dan Doa Bersama’ yang diikuti santri dari sejumlah pondok pesantren di Balai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo pada Sabtu (3/12/2022).

Koordinator Wilayah (Korwil) Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah, Mukti Abdul Jabir mengungkapkan, selain tidak asing di kalangan santri, Ganjar terbukti berhasil memajukan desa melalui program-program inovatif.

Salah satunya program Sistem Informasi Desa (SIDesa) dan Satu OPD Satu Desa Dampingan yang telah berjalan di 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Hal itu yang melatarbelakangi kegiatan Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah ini diadakan di balai BUMDes.

Mukti menyebut, kegiatan ini sebagai bentuk representasi program-program Ganjar yang telah menginspirasi santri ikut mendorong kemajuan desa.

“Mudah-mudahan program-program dan kebijakan beliau di Jawa Tengah seperti SIDesa yang memberdayakan desa dapat diaplikasikan ke seluruh desa di Indonesia,” ujar Mukti.

Menurut Mukti, dukungan santri untuk Ganjar juga karena perhatiannya terhadap perkembangan pesantren yang tidak perlu diragukan lagi.

Diketahui, Ganjar telah mengaplikasikan Undang-Undang Pesantren di Jawa Tengah, memberikan bantuan langsung untuk pembangunan dan renovasi pesantren, hingga membantu pendidikan para santri di pesantren.

Mukti mengatakan, ajaran-ajaran pendidikan di pesantren juga kental dengan kehidupan yang menyatu dan berdampingan bersama masyarakat. Nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong tak lepas dari aktivitas pesantren, sehingga semakin termotivasi dengan semangat kepemimpinan yang ditunjukkan Ganjar.

Mukti berkomitmen terus menebarkan semangat dan inspirasi yang ditularkan Ganjar kepada para santri di seluruh daerah. Mukti berharap, semakin jauh masyarakat mengenal Ganjar, maka keinginan santri agar Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024 bisa tercapai.

“Kami bakal terus melanjutkan kegiatan ini di berbagai daerah demi memperkenalkan sosok Pak Ganjar,” tandasnya.

Nasichin, warga Jawa Tengah yang juga pengasuh Majelis Nusantara yang memayungi alumni santri di Purworejo mengatakan, gaya kepemimpinan Ganjar sangat cocok bagi kalangan santri. Ditambah lagi, melalui sejumlah perhatian Ganjar yang telah dicurahkan kepada pesantren dan para ulama yang semakin memantapkan para santri mendukung Ganjar di Pilpres 2024.

Dia mengakui kebanggaannya menjadi santri sekaligus warga Jawa Tengah yang memiliki figur gubernur seperti Ganjar Pranowo. Dia meyakini, ketika kelak Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024, bukan tidak mungkin perkembangan pesantren semakin meningkat dan masyarakat semakin sejahtera di bawah kepemimpinan Ganjar.

“Kepemimpinan Pak Ganjar sangat bagus. Beliau gubernur yang mengerti kebutuhan masyarakat dan sangat terbuka, juga tidak membeda-bedakan apakah itu rakyat kecil, rakyat menengah dan kalangan atas. Inilah yang membuat kami sangat positif dalam menyambut Pak Ganjar,” ungkap Nasichin.

Sebagai santri, Nasichin menilai Ganjar sangat memperhatikan kemajuan pesantren dan pengelolaannya. “Kyai-kyai kami dihargai, kami merasa diapresiasi. Apalagi sebagai warga Jawa Tengah bagi kami itu kebanggaan ketika gubernur kami maju dan terplih menjadi Presiden,” pungkasnya.

Ning Suparningsih