blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bawang merah dengan nama laitin Allium cepa merupakan bahan masakan yang kerap digunakan setiap hari. Dilansir dari Suara.com, selain karena merupakan rempah turun temurun, aroma harum yang menguar dari bawang merah membuat makanan yang dicampurinya terasa lebih nikmat.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui kalau bawang merah juga memiliki manfaat yang dahsyat untuk hampir semua aspek dalam tubuh kita.

Berikut ini lima manfaat mengonsumsi bawang merah yang baik untuk tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Yap, jantung. Salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Ternyata bawang merah memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Melansir klikdokter.com, sebuah penelitian pada 2002 yang dimuat di jurnal Thrombosis Research menunjukan bahwa sulfur pada bawang merupakan komponen yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

2. Mengatur Kadar Gula Darah

Masih mengutip klikdokter.com, kromium yang ada di dalam bawang berpotensi membantu pengaturan gula darah. Sementara itu, sulfur pada bawang juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan memicu produksi insulin. Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi bawang merah agar kadar gula darahnya bisa kembali normal.

3. Membantu Proses Pertumbuhan Rambut

Tidak mau kalah dengan lidah buaya, bawang merah juga punya manfaat yang menguntungkan untuk proses pertumbuhan rambut. Seperti yang tertulis pada salah satu artikel healthiersteps.com, konsentrasi sulfur pada bawang merah membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan mendorong pertumbuhan folikel rambut.

Selain itu, dengan sering mengonsumsi bawang merah, rambut rontok juga akan berkurang.

4. Menyehatkan Tulang

Kali ini melansir dari webmd.com yang mengatakan bahwa setelah para peneliti mengontrol faktor lain, mereka menemukan wanita yang makan bawang setiap hari memiliki kepadatan tulang yang lebih besar. Menarik sekali kan?

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan mimpi buruk yang banyak dihindari orang-orang. Kabar baiknya, dengan banyak mengonsumsi bawang merah juga ternyata bisa mencegah masalah penuaan dini lho.

Kandungan vitamin A, C, dan E pada bawang merah bisa membantu menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit sehingga tetap terlihat muda.

Menakjubkan bukan manfaat bawang merah yang tak disangka-sangka di atas? Ayo sering konsumsi bawang merah dengan mencampurkannya pada masakan-masakan yang dibuat.

Claudia