blank
Keluarga besar alumni Akpol 1996 Batalyon Wira Satya mengirimkan bantuan senilai Rp 1,16 miliar untuk korban gempa Cianjur. Foto: Dok/Polri

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu mengakibatkan ribuan warga kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi.

Selain itu, gempa berkekuatan magnitudo 5.6 ini telah merenggut nyawa hingga ratusan orang.

Sebagai wujud simpati dan solidaritas musibah tersebut, keluarga besar alumni Akpol 1996 Batalyon Wira Satya mengirimkan bantuan senilai Rp 1,16 miliar.

Pengiriman bantuan dilakukan dengan menggunakan belasan truk dan diberangkatkan dari Mabes Polri pada Jumat pagi (25/11/2022).

Menurut Kayanma Mabes Polri, Kombes Pol Yudhi Sulistyanto Wahid selaku koordinator pengiriman bantuan bencana, bantuan yang dikirim tersebut bersifat swadaya hasil gotong royong seluruh alumni Akpol 1996 yang saat ini bertugas di berbagai wilayah di Indonesia.

“Alhamdulillah, dalam waktu singkat bisa terkumpul dana hampir Rp 1,2 miliar dan langsung dialokasikan untuk kebutuhan para korban bencana,” tandas Yudhi

Adapun bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk berbagai barang kebutuhan pokok seperti tenda keluarga, tenda peleton, selimut, paket sembako, vitamin dan obat-obatan, air mineral dan tempat tidur gulung.

“Sengaja bantuan langsung diwujudkan bahan kebutuhan pokok, dengan tujuan bisa dimanfaatkan langsung oleh korban bencana,” Yudhi.

“Untuk kebutuhan darurat para pengungsi, kami juga mengirimkan bantuan 2.000 voucher belanja senilai Rp 100.000, sehingga ketika ada kepentingan mendesak, para pengungsi bisa langsung membelanjakannya,” tambahnya.

Atas nama keluarga besar alumni Akpol 1996, Yudhi mengungkap keprihatinannya atas musibah gempa yang terjadi di Cianjur. Dirinya berharap situasi segera pulih dan evakuasi korban serta relokasi pengungsi berjalan lancar.

“Kami dari alumni Akpol 1996 Batalyon Wira Satya mengucapkan duka cita mendalam atas bencana gempa di Cianjur. Kami berupaya untuk memberikan bantuan secara maksimal, semoga bermanfaat untuk para korban,” tuturnya.

Ning Suparningsih