blank
Salah seorang sedang mengikuti donor darah.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Ikatan Keluarga Dewan(IKD) Kabupaten Kendal, menggelar acara “Donor Darah” di ruang rapat paripurna DPRD Kendal, Rabu(23/11/2022).
Acara donor darah ini diikuti sekitar 28 orang sesuai dengan kapasitas kantong yang disediakan oleh panitai penyelenggara.

Ketua IKD Kabupaten Kendal, Afidatul Budur mengatakan, kegiatan donor darah ini dilakukan, setelah pihaknya mendapat data dari PMI Pusat, bahwa stok darah di sejumlah rumah sakit persediaannya sedikit, terlebih stok darah golongan tertentu.

“Ini merupakan kepedulian dari IKD Kabupaten Kendal untuk menggelar acara donor darah, agar persediaan darah di Kabupaten Kendal mencukupi,”kata Ketua IKD Kabupaten Kendal, Afidatul Budur.

Menurut Afidatul Budur, jika stok darah mencukupi, siapapun yang membutuhkan tidak akan kesulitan karena stoknya sudah ada di PMI.

“IKD Kendal baru kali ini menggelar acara donor darah. Ke depan, setiap tiga bulan sekali kami akan menggelar donor darah di tempat yang sama,”ujar Afidatul Budur yang juga istri dari Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun.

Dokter Agus Suwondo, selaku dokter pelaksana donor darah, mengatakan, di PMI Kendal, untuk stok golongan darah A, ada 62 kantong, untuk golongan darah B, 52 kantong, golongan darah O, 114 kantong dan golongan darah AB sebanyak 21 kantong, dengan jumlah total 249 kantong.

“Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, di PMI Kendal, tidak pernah kekurangan darah. Karena jadwal donor darah selalu bisa terpenuhi,”kata Dokter Agus Suwondo.

Agus Suwondo mengaku, semisal tiga bulan ada jadwal kegiatan donor darah, panitia juga bisa menjalankannya dengan baik, hanya saja, pada saat adanya pandemi Covid-19 sempat devisit yakni golongan darah B dan A, namun hal tersebut bisa teratasi. Sapawi