blank
Wakil Administratur Wilayah Selatan KPH Randublatung Kusmanto menyerahkan bantuan kepada para penerima program kemitraan di Wilayah kerja Perhutani KPH Randublatung. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung pada Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyerahkan bantuan pinjaman modal tahap II sebesar Rp 95 juta kepada enam mitra binaan bertempat di kantor KPH Randublatung, Rabu (23/11/2022).

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ini merupakan bentuk kepedulian Perhutani Randublatung terhadap usaha kecil seperti industri, perdagangan dan usaha lainnya, yang berada di sekitar KPH Randublatung.

Hal ini bertujuan agar usaha yang dilakukan masyarakat dapat berkembang, menaikan taraf hidup mereka, serta dapat mendorong perekonomian desa sekitar hutan.

Pemberian bantuan pinjaman untuk modal usaha tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Administratur Wilayah Selatan KPH Randublatung Kusmanto kepada para penerima bantuan program kemitraan yang semuanya adalah para pemilik usaha kecil di Wilayah kerja Perhutani KPH Randublatung.

Administratur KPH Randublatung Dewanto, melalui Waka Adm Wil, Selatan Kusmanto, menyampaikan rasa syukur karena meski dalam kondisi perekonomian global yang tidak menentu  seperti ini, Perhutani masih bisa membantu masyarakat lewat pinjaman modal dalam program TJSL yang juga merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian Perhutani terhadap lingkungan sekitar.

“Semoga dengan adanya bantuan ini para pengusaha kecil yang ada di wilayah KPH Randublatung bisa berkembang menjadi besar,” jelas Kusmanto.

Salah satu perwakilan penerima pinjaman PKBL saat ini, Endang Jumi (41) yang mempunyai usaha peternakan kambing menyampaikan terima kasih kepada Perhutani KPH Randublatung yang telah memberinya bantuan modal usaha.

“Saya sampaikan terima kasih Kepada Perhutani KPH Randublatung atas perhatianya terhadap para pengusaha kecil seperti saya ini, Pinjaman ini sungguh bermanfaat untuk mengembangkan perternakan kambing saya. Semoga ke depan Perhutani lebih maju dan sukses. Terima kasih Perhutani,” ujar Endang yang saat ini mendapat pinjam modal Rp 20 Juta.

Kudnadi Saputro