blank
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang gelar seminar pelatihan penanggulangan stres bagi narapidana. Foto: Dok/Lapas Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar seminar pelatihan penanggulangan stres bagi narapidana, Rabu (23/11/2022).

Pelatihan ini diikuti oleh 30 narapidana dari berbagai macam latar belakang asal, usia dan kasus, yang didukung oleh mahasiswa jurusan Psikoterapi Univesitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi pengabdian mahasiswa yang telah menjalankan kegiatan praktik lapangan selama tiga bulan.

“Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, apalagi dengan status narapidana. Dengan pelatihan ini, narapidana bisa lebih mengontrol diri dalam hal pengendalian stres,” kata Tri Saptono.

“Diharapkan kegiatan ini berkelanjutan, karena masih banyak narapidana yang membutuhkan terapi ini,” tukasnya.

Tantri, Psikoterapi Univesitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengatakan, permasalahan mental yang dipicu stres akan berdampak pada kesehatan fisik dan sosial.

“Mengatasi masalah juga sangat bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan yang mungkin akan ditimbulkan,” jelas Tantri.

Sementara itu Ryan, salah satu narapidana yang mengikuti pelatihan mengaku senang bisa mendapat bekal manajemen stres di Lapas.

“Senang bisa mengikuti kegiatan ini, selain dapat mengurangi tingkat stres saat menjalani pidana, juga bisa mengendalikan rasa kecemasan saya,” ungkap napi terpidana narkoba 5 tahun itu.

Ning Suparningsih