blank

 

JEPARA(SUARABARU.ID) –  Panggung Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Jawa masih menyisakan rasa penasaran dalam hati Najwaa A’immatulhusna. Dua tahun berturut-turut berhasil lolos ke jenjang provinsi, dua kali pula dia harus puas menjadi runner up. Masih punya satu kali kesempatan, siswa kelas 5 SDN 2 Jambu, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara ini berharap bisa menjawab rasa penasaran tersebut dengan meraih juara 1.

“Iya, masih penasaran. Semoga tahun depan juara kabupaten lagi agar bisa maju ke provinsi dan bisa menjadi juara,” kata Najwaa saat ditemui wartawan di sekolahnya Rabu (23/11/2022).

Najwa A’immatulhusna, adalah juara 2 cabang lomba mendongen putri pada FTBI tingkat Provinsi Jawa Tengah, tahun 2021. November 2022 lalu, dia kembali menjadi juara 2 pada lomba yang sama.

“Tapi sudah senang sekali. Sesuai dengan kerja keras berlatih sejak mau maju ke lomba tingkat dabin, kecamatan, dan kabupaten,” kata Najwaa yang didampingi pendamping lomba Hendrik Siswanto.

Setelah dinyatakan juara kabupaten, latihan tekun di bawah arahan ayah dan ibunya, Rusmanto dan Nur Janah, terus dilakukan hampir setiap hari agar bisa meningkatkan prestasi di tingkat provinsi. Pada akhirnya, dia harus puas menjadi juara 2 lagi.

blank
Najwaa bersama para guru dan kepala sekolah

Pendamping lomba Hendrik Siswanto mengatakan, pada lomba tingkat provinsi, Najwaa memang belum berhasil menampilkan performa maksimal seperti hasil latihan. “Di tingkat kabupaten, waktu lomba menit adalah waktu bersih. Tapi di provinsi, Najwaa jadi tergesa-gesa karena rentang waktu itu termasuk dengan hitungan saat pendamping memasukkan properti,” kata Hendrik.

“Bagi kami, prestasi ini membuat kami harus sudah sangat bersyukur. Kami mendapat apresiasi dari teman-teman Satkordik Mlonggo dan Disdikpora. Bahkan ada wacana Disdikpora memberikan BOS kinerja pada kami sebagai reward prestasi ini,” tambah Kepala SDN 2 Jambu Sri Khasanah.

Guru kelas 5 Rani Susanti mengatakan, selain 2 kali juara 2 FTBI Jateng yang berarti 2 kali juara 1 kabupaten, Najwaa tahun ini juga menjadi juara 1 lomba mendongeng dalam rangka peringatan hari perpustakaan tingkat kabupaten, juara 2 lomba mendongeng dialek Jepara tingkat kabupaten di Museum Kartini, dan 3 tahun berturut-turut menjadi juara 1 kabupaten cabang lomba pantomim pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional.

Aksl