blank
Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman api di rumah milik korban. Foto: dok Damkar Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah peristiwa kebakaran terjadi di Desa Watupawon, Kecamatan Penawangan, Grobogan, Senin (21/11/2022).Kabupaten Grobogan dan mengakibatkan satu ekor kambing tewas.

Informasi yang dikumpulkan menyebut, peristiwa kebakaran ini bermula saat pukul 07.30 WIB, Sri si pemilik rumah mencabuti rumput di sawah yang berada di belakang rumahnya.

Saat mencabuti rumput, Sri mendengar suara ledakan dari dalam rumah yang dilanjutkan munculnya asap dari dapur rumahnya. Secara refleks, Sri berteriak adanya kebakaran dan membuat semua tetangganya datang untuk melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

Selang, 15 menit kemudian, pemadam kebakaran langsung datang. Api akhirnya berhasil dipadamkan.

Peristiwa kebakaran ini dibenarkan Kapolsek Penawangan, AKP Dedy Setyanto dalam keterangannya. Menurut AKP Dedy, kebakaran ini terjadi di dapur rumah milik Muhono, yang terletak di Dusun Juragan, Desa Watupawon, Kecamatan Penawangan.

“Rumah ditinggal pemiliknya saat terjadi kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya ada satu ekor ternak yang terbakar,” kata AKP Dedy Setyanto.

Dari keterangannya, dapur rumah tersebut berbahan baku kayu bangkirai dan campuran kayu lain dengan ukuran tiang 10 x 10 centimeter, dinding berupa kayu papan, dan atap genting.

Meski tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian material dari insiden kebakaran yang dialami oleh korban mencapai Rp20 juta.

Dari pemeriksaan pihak kepolisian, penyebab kebakaran tersebut akibat konsleting listrik dengan barang bukti berupa sisa potongan kayu dan kabel listrik yang sudah terbakar.

Adanya insiden kebakaran ini, Kapolsek Penawangan AKP Dedy Setyanto meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap hati-hati saat menggunakan kabel yang ada di rumah warga.

“Pastikan semuanya menggunakan kabel yang berstandar. Jika ada kabel yang sudah rusak, selebihnya untuk dilakukan penggantian guna mengantisipasi adanya insiden kebakaran,” tambah AKP Dedy Setyanto.

Tya Wiedya