Menurut dia, dengan membiasakan ikut berpartisipasi pada setiap kegiatan masyarakat bhabinkamtibmas bisa lebih dekat dengan masyarakat, sehingga dapat membantu tugas kepolisian ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

“Momen ini sangat bermanfaat bagi Polri khususnya dalam membina keakraban dan kedekatan anggota dengan lingkungan masyarakat sehingga, memudahkan komunikasi dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, dan aman di lingkungan masyarakat,” imbuh Bhabinkamtibmas.

Budayakan Gotong Royong

Masih kata Bripka Paidi, kegiatan tersebut adalah salah satu cara untuk memupuk budaya gotong royong di masyarakat yang saat ini mulai ditinggalkan dan juga mengajak masyarakat untuk membiasakan dan membudayakan gotong royong, karena dengan gotong royong pekerjaan menjadi cepat selesai.

Kehadiran Bhabinkamtibmas yang ikut gotong royong tersebut, mendapat tanggapan positif dari warga desa Kalen salah satunya adalah Sukiman.

“Dengan kehadiran pak Bhabinkamtibmas warga menjadi lebih semangat dan pekerjaanpun terasa ringan,” kata Sukiman.

Sementara itu, Kapolsek Kedungtuban AKP Sujiharno membeberkan bahwa apa yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmasnya sudah tepat dan hal tersebut sesuai dengan atensi Kapolres Blora agar setiap anggota selalu menjalin sinergi dan membaur bersama warga dalam kehidupan bermasyarakat.

“Tentunya dengan kebersamaan dan sinergitas, pelaksanaan tugas menjaga kamtibmas akan lebih mudah,” tandas  Kapolsek Kedungtuban.

Kudnadi Saputro