blank
Siswa SMK Maarif 3 Somalangu Kebumen menampilkan gelar teater pada Sabtu 19/11.(Foto:SB/DKD Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Maarif 3 Somalangu Kebumen Sabtu (19/11) sukses menggelar teater dengan Tema Kearifan Lokal “Ekspresi Seni Teater Siswa Berbasis Cerita Daerah”.

Kepala SMK Maarif 3 Somalangu Kebumen Hidayat Aji Pambudi SAg MA pada Senin (21/11) menyampaikan bahwa penguatan nilai-nilai Pancasila sangat penting dalam kehidupan masyarakat yang plural.

Salah satu aksi nyata adalah mencintai budaya bangsa, budaya lokal yang adiluhung. Penerapan P5 di SMK Maarif 3 Kebumen melalui pagelaran seni teater cerita lokal Kabupaten Kebumen dan sekitarnya diharapkan mampu menumbuhkan kebanggaan bersama terhadap budaya asli Indonesia.

Dia menjelaskan, dalam Kurikulum Merdeka, Proyek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah. Proyek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

blank
Ketua DKD Kebumen Ki Pekik Satsiswo Nirmolo menjadi narasumber di SMK Maarif 3 Kebumen.(Foto:SB/DKD Kebumen)

Ketua Umum Dewan Kesenian Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo SPd MPd yang hadir pada acara tersebut selaku pemateri menuturkan, pesatnya perkembangan zaman membuat kebudayaan lokal semakin ditinggalkan para generasi muda.

Menurut Pekik, melalui kegiatan P5, peserta didik perlu dibangkitkan kesadarannya untuk mencitai budaya, dilatih untuk lebih kreatif, berpikir kritis dalam mencintai budayanya. Peserta didik sebagai generasi muda dituntut menjaga dan mengembangan budaya.

Pekik menambahkan, P5 sebagai perwujudan belajar sepanjang hayat. Para pelajar dilatih memiliki kompetensi dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Di antaranya berketuhanan, bersatu dengan keragaman, demokrasi, mampu bekerja sama, bergotong royong, berjiwa kreatif inovatif yang mampu memberikan solusi dari setiap kesulitan dan permasalahan hidup sehingga menjadi pelajar arif dan bijaksana.

Sebagai rangkaian akhir dari kegiatan Gelar karya P5 di SMK Marif 3 Somalangu yang berlangsung dari Senin (14/11) hingga hari Sabtu (19/11) diakhiri dengan pagelaran Ekspresi Seni Teater Siswa Berbasis Cerita Daerah dengan 5 naskan seperti Babad Sruni, Joko Puring dan lainnya.

Ratusan siswa mengikuti kegiatan dengan antusias, karena dalam pelaksanaannya diisi dengan praktek peragaan dan pagelaran teater yang melibatkan para peserta.

Komper Wardopo