blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Lima peserta didik SMP Walisongo Pecangaan berhasil mengikuti penilaian dan pelantikan Pramuka Garuda Kwarda Jawa Tengah yang dilakukan di Kwarcab Jepara. Acara dilangsungkan pada Sabtu (19/11), di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Jepara. Kelimanya adalah Juwita Riza Pratiwi, Rahma Aqila Rizkiya, Claudia Ayu Safara, Muhaddzab Shofa Annajih, dan Angga Najwa Subulana.

Pembina Pramuka SMP Walisongo Pecangaan, Ridwan Setiawan mengatakan, sebelum dilantik menjadi Pramuka Garuda, peserta harus lulus ujian kecapakan khusus.

blank

“Seorang Pramuka Garuda harus memiliki 5 kecapakan khusus, mulai bidang agama, bidang patriotisme dan seni budaya, bidang ketangkasan dan kesehatan, bidang keterampilan dan teknik pembangunan, hingga bidang sosial, perikemanusiaan, gotong-royong, ketertiban masyarakat, perdamaian dunia, dan lingkungan hidup,” katanya.

Selain itu harus mampu menjadi contoh yang baik, menguasai teknologi, dan mampu berkomunikasi menggunakan salah satu bahasa internasional.

“Sebelum mengikuti penilaian Pramuka Garuda, peserta sudah memiliki bekal yang cukup, karena pembinaan kepramukaan di SMP Walisongo sudah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Kepala SMP Walisongo Pecangaan, Nurul Zulaeha mengapresiasi dan terus mendukup potensi peserta didik. “Setiap peserta didik memiliki potensi yang harus kita support agar terus menorehkan prestasi,” pungkasnya.

Hadepe – mz