blank
Dandim Rembang Bareng dengan Perhutani Mantingan dan CDK menanam pohon di kawasan desa Sendangmulyo kecamatan Bulu. Foto: Kudnadi Saputro Blora

REMBANG (SUARABARU.ID) – Dandim Rembang Bersama Perhutani Perhutani dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Rembang melakukan patroli bareng dan penanaman pohon dalam kegiatan Trabas kawasan hutan Mantingan, Sabtu-Minggu (19-20/11/2022).

Start kegiatan di awali di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sudo desa landoh kecamatan Sulang Kabupaten Rembang, Kegiatan Patroli dan Tanam bareng dipimpin langsung oleh Dandim Rembang Letkol CZI Parlindungan Simanjuntak S.Sos, MSI dengan jajarannya.

Ikut serta dalam kegiatan patroli, Waka Adm Dwi Anggoro Kasih S.Hut, Kepala CDK Rembang Sumanto S.Hut,MM, dan jajaran Asper dan beberapa Kepala Resor Pemangku Wilayah KPH Mantingan.
Dalam kegiatan Trabas ini Dandim Rembang Letkol CZI Parlindungan Simanjuntak yang juga didampingi kepala CDK dan waka Adm  menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan heppy dengan cara  trabas.

“Kami akan selalu menjaga kelestarian alam. Dengan rusaknya alam menjadikan musim dan cuaca jadi tidak menentu,” ungkap Letkol CZI Parlindungan Simanjuntak.
Untuk itu, lanjut Letkol CZI Parlindungan Simanjuntak, ada program atau tidak ada program, pihaknya akan selalu melakukan penanaman bersama dengan stake holder, tokoh masyarakat dan juga para pecinta lingkungan.

Bencana Karena Rusaknya Alam

Perlu diketahui bahwa sekarang ini banyak bencana di daerah daerah karena rusaknya alam oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara menebang pohon seenaknya.

“Patroli sambil menanam ini akan kami lakukan terus dalam kawasan hutan agar hutan yang ada di kabupaten Rembang ini tetap lestari. Dan program menanam seperti harus terus kita tunjuukan kepada masyarakat , agar masyarakat desa sekitar hutan juga ikut peduli yang nantinya dimotori oleh Lembaga desa, LMDH, Kelompok Tani maupun para tokoh masyarakat,” jelas Letkol CZI Parlindungan Simanjuntak.

Pada kesempatan itu, Kepala CDK Sumanto sangat mengapresiasi Dandim Rembang dan Perhutani karena hampir tiap musim tanam tiba CDK selalu diajak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Menanam sambil Patroli.