blank
Bupati Blora akan Usulkan Perbaikan Jalan Ngawen – Japah – Todanan ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Kudnadi Saputro Blora

“Padahal setiap pagi banyak anak sekolah melintasi jalan ini, dan masyarakat berkegiatan ekonomi. Tolong Pak Bupati agar bisa dibangun, disampaikan Pak Gubernur. Kabarnya ini jalan provinsi,” ujar Sukardi, warga Japah.

Adapun berdasarkan pengamatan di lapangan, Minggu (20/11/2022). Kerusakan jalan provinsi di wilayah Kecamatan Ngawen menuju Japah memang membahayakan pengguna jalan jika tidak hafal medan.

Banyak jalan bergelombang dan berlubang. Tampak beberapa titik bekas tambal sulam aspal.

Sedangkan arus lalu lintas tergolong padat, sering dilalui kendaraan bertonase besar dari wilayah Purwodadi maupun Jawa Timur.

Sudah lama kerusakan ini hanya ditambal sulam. Satu bulan ya bodhol lagi tambalannya. Apalagi sekarang musim hujan. Kalau pengendara tidak hati-hati khawatir jatuh.

“Ya semoga bisa segera diperbaiki Pak Gubernur. Apalagi sekarang Pemkab juga sedang getol membangun jalan kabupaten, biar imbang lah. Masak Kabupaten sedang giat membangun, Pemprov nya kurang greget. Harapannya 2023 nanti bisa dicor semua,” ungkap Triyono, pengguna jalan yang ditemui Minggu siang (20/11/2022).

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pun langsung memberikan responnya atas usulan aspirasi masyarakat Japah ini.

Dirinya membenarkan bahwa jalan Ngawen – Japah – Todanan hingga batas Kabupaten Pati di Pucakwangi merupakan jalan provinsi.

Sehingga ketika ada kerusakan, kewenangan pembangunannya ada di Pemprov Jawa Tengah.

Bupati Blora menyatakan, baru saja lewat Ngawen ke Japah kondisinya masih banyak yang rusak menuju Todanan.

Karena ini masuk jalan provinsi maka maka Bupati usul ke Gubernur agar bisa diprioritaskan dan dibangun tahun depan.

“Termasuk jalan provinsi ruas Ngawen – Kunduran yang juga masih ada kerusakan,” ucap Bupati Blora.

Bupati mengatakan, ruas jalan Todanan sampai batas Kabupaten Pati kemarin sudah dibangun DPU Jateng.

“Ini berarti tinggal Todanan ke arah Japah – Ngawen, dan Ngawen – Kunduran yang masih rusak. Mohon doanya semoga Pak Gubernur Ganjar Pranowo sehat selalu sehingga bisa membantu kita membangun jalan provinsi yang ada di Blora. Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan,” imbuh Bupati Blora.
Kudnadi Saputro