blank
David de Gea. (foto: 90min.com

SUARABARU.ID – Bintang Manchester United David de Gea telah menjadi pembicaraan tentang karirnya di Spanyol, setelah presiden federasi nasional (RFEF) mengiriminya pesan tentang kiper yang telah pensiun dari sepak bola internasional.

Sebagaimana dirilis 90min.com, De Gea memantapkan dirinya sebagai pilihan nomor satu Spanyol di Euro 2016 dan memegang peran tersebut sampai Piala Dunia 2018 yang buruk, menyebabkan dia dikeluarkan pada akhir tahun. Dia tidak bermain untuk negaranya hanya dalam dua tahun dan bahkan tidak dipanggil sama sekali sejak November tahun lalu.

Meskipun performa di klub membaik, pemain berusia 32 tahun itu dilaporkan bahkan tidak masuk dalam daftar lima kiper Luis Enrique dalam skuad awal Spanyol yang berisi 55 pemain. Unai Simon, David Raya dan Robert Sanchez mendapat tempat utama, dengan Kepa Arrizabalaga dan David Soria sebagai cadangan.

Jurnalis Jose Alvarez muncul di El Chiringuito untuk menjelaskan mengapa De Gea tidak terlihat, menjelaskan bahwa sang pemain menerima telepon dari Enrique yang memberitahukan bahwa dia tidak lagi dipertimbangkan untuk tugas internasional.

Itu digambarkan sebagai ‘keputusan teknis’, dengan kata lain pelatih menganggap penjaga gawang lain lebih cocok untuk sistem pilihannya. De Gea dikatakan telah menanyakan alasan spesifiknya tetapi tidak diberikan. Kemudian situasinya menjadi sangat aneh.

Dikatakan bahwa presiden RFEF Luis Rubiales mengirim pesan kepada De Gea yang berbunyi, “David, saya senang Anda akhirnya membuat keputusan yang telah Anda pikirkan. Saya telah diberitahu bahwa Anda akan meninggalkan tim nasional.”

Dapat dimengerti bahwa De Gea terkejut karena dia belum pensiun dari sepakbola internasional. Dia menjawab: “Tidak ada penolakan apapun, siapa yang memberitahumu bahwa saya meninggalkan apapun? Pelatih telah mengatakan kepada saya bahwa dia tidak akan mengandalkan saya, tetapi saya tidak pernah meninggalkan tim nasional, saya juga tidak berniat melakukannya, itu pun jika saya dipanggil.”

Nur Muktiadi