blank
Menyongsong Pilkades serentak Wonogiri, di Balai Desa Karangtengah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri, digelar rapat pengundian penetapan nomor urut.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 12 orang petahana atau incumbent Kepala Desa (Kades), ikut maju lagi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2022 di Kabupaten Wonogiri.

Kabag Prokopim Pemkab Wonogiri, Mursid Suroto, menyatakan, ke 12 petahana tersebut terdiri atas Tarno di Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Gunarto di Desa Glinggang Kecamatan Pracimantoro, Mulyadi di Desa Jatisrono Kecamatan Jatisrono, Ir Irianto di Desa Gambiranom Kecamatan Baturetno.

Berikut Danang Supriyadi SIP di Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro. Untuk Kecamatan Eromoko terdiri atas Sulino di Desa Baleharjo dan Eka Sri Mulyanto di Desa Tempurharjo.

Selanjutnya Margono di Desa Tambakmerang Kecamatan Girimarto, Sumaryanto di Desa Keloran Kecamatan Selogiri. Untuk Kecamatan Nguntoronadi di Desa Wonoharjo (Yuliyanto) dan di Desa Ngadiroyo (Mulyono), serta Beny Suryanto di Desa Miri Kecamatan Kismantoro.

Rencananya pesta demokrasi desa untuk memilih calon Kepala Desa (Kades) ini, akan digelar serentak Rabu (7/12) mendatang di 15 desa yang tersebar di 12 dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Mengisi Kekosongan

Sebagaimana pernah diberitakan, Pilkades serentak ini dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan Kades berkaitan dengan periode masa jabatannya habis (6 tahun). Ada 40 orang yang maju menjadi jago Pilkades.

Ke 40 jago Pilkades tersebut memiliki background jenjang pendidikan S2 sebanyak 2 orang, S1 sebanyak 8 orang, Diploma (2 orang) dan selebihnya (28 orang) berpendidikan SLA.

Untuk Pilkades Karangtengah, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, diikuti sebanyak 4 orang jago. Pantia telah melakukan pengundian penetapan nomor urut. Terdiri atas Santoso, Sriyati, Agus Mustakim SPd, MM dan Vidi Pranika.

Rapat pengundian penetapan nomor urut digelar di Balai Desa Karangtengah. Ikut hadir Camat Karangtengah Tri Widyatmoko, BatiTuud Koramil-23 Karangtengah Peltu Khomaedi bersama dengan Babinsa Desa Karangtengah.

Juga hadir Kapolsek Karangtengah AKP Mujiyo, Kepala Puskesmas Dokter Agus Budi, Ketua Panitia Pilkades Suratno beserta seluruh jago Pilkades. Kepada para jago diminta untuk dapat mengendalikan pendukungnya, demi tetap mewujudkan situasi yang kondusif.

Bambang Pur