blank
Peserta Pelatihan dan Kemandirian ber Wira Usaha untuk Pengurus Pondok Pesantren yang diselenggarakan di RB Jepara (Foto: RB Jepara)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebagai upaya pemberdayaan digitalisasi dan kemandirian wirusaha di kalangan Madrasah dan Pondok Pesantren area Jawa Tengah, BRI Regional Office Semarang melalui Rumah BUMN BRI mengadakan Program “Digitalisasi Sarana Pendidikan dan Program Kemandirian 1000 Madrasah & Pesantren”. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk implementasi Kerjasama BRI dengan Kementrian Agama Republik Indonesia pada tanggal 22 Juli 2022.

Adapun BRI RO Semarang hadir turut serta dalam akselerasi kerja sama tersebut dan mendukung Program Prioritas Kementerian Agama di Tahun 2022 (Transformasi Digital dan Kemandirian Pesantren) dengan fasilitas dan kemudahan yang BRI miliki, yaitu : Program Digitalisasi Kemudahan Transaksi di 500 Madrasah melalui Junio Smart

Junio Smart merupakan aplikasi pengelolaan management sekolah yang terdiri dari informasi akademik, non akademik, dan keuangan milik sekolah, serta aplikasi mobile phone untuk orang tua dan anak, dimana ketiganya saling terkoneksi. Nilai tambah atas produk dan layanan yang dapat digunakan yaitu Giro, BRIVA, Tabungan BRI Junio, dll.

blank
Pelatihan dilaksanakan di BRI Kanca Jepara bersama Rumah BUMN BRI Jepara (Foto: RB Jepara)

Disamping itu ada pula  Program Pelatihan dan Kemandirian Wirausaha di 500 Pondok Pesantren melalui Rumah BUMN (RB)

Melalui Rumah BUMN, BRI memberikan Pelatihan dan Kemandirian ber Wira Usaha untuk Pengurus Pondok Pesantren, sehingga diharapkan ke depannya pengurus Ponpes dapat meneruskan ilmu yang diperolehnya kepada santri. Saat ini terdapat 4 Lokasi RB yang tersebar di BRI RO Semarang yaitu RB Semarang, RB Pekalongan, RB Demak dan RB Jepara.

Pelatihan Batch 1 dilaksanakan di 5 (lima) Kantor Cabang BRI Regional Semarang, yaitu  BRI Kanca Semarang Pandanaran, BRI Kanca Rembang, BRI Kanca Pekalongan, BRI Kanca Demak, dan BRI Kanca Jepara. Kali ini pelatihan dilaksanakan di BRI Kanca Jepara bersama Rumah BUMN BRI Jepara pada hari Kamis tanggal 17 November 2022. Peserta diikuti oleh 25 orang Pengurus Pondok Pesantren yang berasal dari 5 Pondok Pesantren dan Madrasah diantaranya  MAN 2 Jepara, PONPES MANBAUL ULUM Mayong, PONPES DARUTTAUHID Jepara, PONPES DARUL FALAH AMTSILATI dan  PONPES ROUDLOTUL MUBTADIIN Balaikambang.

Dengan mengangkat tema Pelatihan Kewirausahaan Hidroponik, peserta diberikan pengetahuan dan pelatihan praktek langsung dengan di pandu oleh narasumber Nur Kholis yang sejak th 2019 telah menggeluti bidang ini.

Acara dilanjutkan dengan edukasi program Digitalisasi Kemudahan Transaksi melalui Junio Smart untuk Pondok Pesantren. Harapan ke depannya, peserta dari pengurus santri pondok pesantren dapat menularkan ilmu yang didapat pada saat pelatihan kepada para santri nya, sehingga santri telah memiliki ilmu untuk mandiri berwira usaha.

Selanjutnya bagi para pengurus pesantren lainnya, para santri, maupun masyarakat umum dapat tetap mengikuti pelatihan secara gratis melalui Rumah BUMN BRI setempat. Adapun jadwal pelatihan RB dapat dilihat di halaman medsos instagram RB BRI JEPARA dengan alamat @rumahbumn.brijepara

Hadepe